[UPDATE] 40 Pasien Positif Corona di Sumut Dinyatakan Sembuh

Gugus Tugas COVID-19 ingatkan warga Sumut jangan mudik

Medan, IDN Times - Angka kesembuhan pasien corona atau COVID-19 di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir. Sampai hari ini ada 40 orang yang dinyatakan sembuh. Angka ini meningkat dari hari sebelumnya yang berjumlah 35 orang.

Jumlah angka kasus positif COVID-19 juga tidak mengalami peningkatan. Angka kasus tetap 111 orang. Seluruhnya terkonfirmasi lewat uji swab tenggorok dengan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polimerase chain reaction).

“Untuk pasien meninggal jumlahnya juga tetap 12 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah, Selasa (28/4).

Dengan meningkatnya jumlah pasien yang sembuh, maka semakin tinggi tingkat optimisme musnahnya wabah. Meskipun begitu, masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan.

"Angka kesembuhan kita akibat paparan COVID- 19 saat ini berada di 36 persen. Angka ini jauh di atas rata-rata nasional. Gugus Tugas akan  terus berupaya meningkatkan angka kesembuhan ini sampai pandemi corona berakhir di Sumut, tentunya dengan dukungan masyarakat semua," ujar Aris.

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang abai dengan protokol pencegahan COVID-19. Masih banyak usia sekolah yang malah berada di luar rumah.

"Kepada adik-adik kita, jangan lagi berkumpul untuk hal yang tidak perlu. Ini bisa menambah risiko. Karena biasa terjadi gejala ringan. Karena imun mereka kuat, apabila dia membawa penyakit, dan di rumah kita ada usia lanjut dan punya penyakit bawaan, menderita asma, darah tinggi, mereka berpotensi tertular,” pungkasnya.

Aris juga mengingatkan supaya masyarakat tidak melakukan mudik. Karena potensi penularan cukup tinggi.

Dalam kesempatan itu, Aris juga menyampaikan menurunnya jumlah Pasien Dalam Pengawasan. Hari ini jumlah PDP adalah 138 orang. Menurun dari hari sebelumnya menjadi 153.

Penurunan juga  terjadi pada orang dalam pemantaun (ODP) dari yang sebelumnya 2.412 menjadi 2.403 orang.

Baca Juga: Gara-gara Satu Pasien, 48 Tenaga Medis Tapanuli Utara Positif Corona

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya