Tukang Bangunan ini Temukan Mortir Peninggalan Penjajah Jepang

Saat ini penemuan mortir diamankan pihak kepolisian

Karo, IDN Times - Seorang tukang bangunan menemukan mortir peninggalan penjajahan Jepang saat hendak bekerja di Gundaling, Kota Brastagi, Kabupaten Karo pada Sabtu (5/2/2022) lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Kasubag Humas Polres Tanah Karo, Iptu Syahril saat dikonfirmasi awak media pada Kamis (10/2/2022).

1. Penemuan mortir pertama kali ditemukan Ridwan saat hendak bekerja

Tukang Bangunan ini Temukan Mortir Peninggalan Penjajah JepangTim Gegana Polda Sulsel saat mengevakuasi mortir dari lingkungan warga di Kelurahan Lattupa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Jumat (6/12) / Istimewa

Syahril mengatakan bahwa penemuan mortir itu pertama kali ditemukan oleh Ridwan Tanjung (54) warga Jalan Ketepul, Kabanjahe, Kabupaten Karo saat dirinya hendak bekerja di Gundaling.

"Saat ditemukan oleh Ridwan, mortir itu dibawanya pulang dan disimpannya di rumah," katanya.

Baca Juga: Kampung yang Diduga Tempat Peredaran Narkoba di Binjai Digerebek

2. Mortir disimpan Ridwan selama beberapa hari, kemudian memberitahu ke temannya

Tukang Bangunan ini Temukan Mortir Peninggalan Penjajah JepangTim Gegana Polda Sulsel saat mengevakuasi mortir dari lingkungan warga di Kelurahan Lattupa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Jumat (6/12) / Istimewa

Syahril menuturkan, setelah mortir tersebut disimpan Ridwan selama beberapa hari. Kemudian, pada Selasa (8/2/2022) kemarin dirinya memberitahu kepada temannya Samsul kalau dia menemukan mortir itu.

"Setelah melihat mortir itu, Samsul kemudian memberitahu kepada warga yang merupakan pensiunan TNI. Setelah melihat itu (mortir) mereka pun melaporkan ke pihak kepolisian," ucap Syahril.

3. Saat ini penemuan mortir diamankan pihak kepolisian

Tukang Bangunan ini Temukan Mortir Peninggalan Penjajah JepangILUSTRASI. Tim Gegana Polda Sulsel saat mengevakuasi mortir dari lingkungan warga di Kelurahan Lattupa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Jumat (6/12). Dok. Istimewa

Atas laporan adanya penemuan mortir peninggalan penjajahan Jepang itu, personel Polres Tanah Karo yang menerima informasi tersebut pada Rabu (9/2/2022) langsung ke rumah Ridwan yang berada di Jalan Ketepul, Kabanjahe.

"Petugas langsung mencek TKP penemuan mortir. Setelah di cek kebenaran personel langsung memasang Police Line di lokasi penemuan untuk menunggu Tim Jibom guna pengamanan mortir," tandas Syahril.

Baca Juga: Gubernur Edy Instruksikan Sekolah di Sumut 50 Persen Daring dan Luring

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya