Comscore Tracker

Transportasi Online Kini Makin Ramah untuk Disabilitas

GrabGerak angin segar transportasi kaum difabel

Medan, IDN Times - Perkembangan dunia transportasi online (daring) semakin masif. Berbagai platform terus diberikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

Berbagai kemudahan juga diberikan. Bahkan aplikator transportasi daring berlomba-lomba bersaing inovasi.

Inovasi yang dibuat pun menyentuh berbagai aspek. Bahkan ada yang membuat inovasi, memberikan kenyamanan bagi penumpang disabilitas. Grab misalnya, yang baru mengembangkan layanan inklusif untuk penumpang disabilitas.

1. GrabGerak bakal layani difabel di Medan

Transportasi Online Kini Makin Ramah untuk DisabilitasMobilitas difabel sangat terbantu dengan layanan GrabGerak (Istimewa)

GrabGerak menjadi angin segar transportasi untuk para difabel di Medan. Grab baru melakukan peluncuran program ramah difabel itu di Kota Medan, Selasa (10/12).

"GrabGerak merupakan sebuah solusi transportasi unik yang didedikasikan untuk mendukung para penyandang disabilitas mendapatkan lebih banyak aksesdalam menjalankan kegiatannya sehari-hari," ungkap ‎Head of  Four Wheels Sumatera And Central Java Grab Indonesia Anindita Rangkuti.

Baca Juga: Grab Promosikan Kuliner Khas Medan Lewat Menu Khusus Grab Food

2. Sebanyak 200 armada dikerahkan untuk layani difabel

Transportasi Online Kini Makin Ramah untuk DisabilitasMobilitas difabel sangat terbantu dengan layanan GrabGerak (Istimewa)

Dia juga menjelaskan, jika saat ini ada 200 armada yang beroperasi untuk melayani penumpang difabel di Medan. Para mitra pengemudi juga dilatih keterampilan khusus.

"Kemudian mereka dilatih untuk memberikan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh pelatih bersertifikat," ungkapnya.

Faisal salah sau mitra GrabGerak merasa senang bisa mendapat pelatihan. Dia merasa bisa berkontribusi positif terhadap sesama.

“Banyak hal positif dan pelajaran moral yang saya dapatkan ketika saya bergabung di sini. Saya sangat terinspirasi setiap kali mendapatkan penumpang penyandang disabilitas. Saya melihat tekad dan semangat mereka selalu memotivasi saya untuk menjadi orang yang lebih baik dan terus membantu dalam mempermudah kehidupan sehari-hari mereka," kata Faisal.

3. Penyandang disabilitas terbantu mobilitasnya

Transportasi Online Kini Makin Ramah untuk DisabilitasMobilitas difabel sangat terbantu dengan layanan GrabGerak (Istimewa)

GrabGerak mendapat sambutan baik para penyandang disabilitas di Kota Medan. Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas lndonesia (PPDI) Sumatera Utara M.Yusuf mengatakan, program terbaru transportasi daring itu membantu memudahkan mobilitas mereka.

"Kami sangat mengapresiasi Grab yang telah merangkul penyandang disabilitas ke dalam platform mereka. Penyandang disabilitas membutuhkan lebih banyak dukungan akses mobilitas yang lebih memadai di berbagai fasilitas umum dan transportasi publik," tutur ‎Yusuf.

Dia juga percaya jika, program ini bakal menjadi wujud masyarakat inklusif dan toleran kepada para difabel.

"Harapan saya, GrabGerak ini bisa terus meningkatkan kualitasnya dari segi mitra pengemudinya," pungkas Yusuf.

Baca Juga: Grab Klaim Medan Kota Paling Minim Kejahatan Transportasi Online

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya