Tiba di Kualanamu, 4 WNA Malaysia Positif COVID-19

Mereka membawa surat negatif COVID-19

Medan, IDN Times – Empat orang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes saat tiba di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. Padahal sebelumnya mereka sudah membawa surat negatif COVID-19 dari negaranya.

"Mereka saat ini sudah diisolasi di RSUD Deli Serdang. Karena hasil pemeriksaan swab PCR nya positif, sehingga mereka langsung dirujuk ke rumah sakit untuk diisolasi," kata Sub Koordinator Pengendalian Karantina Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dr Heti, Rabu (26/5/2021).

1. Keempat WNA datang dalam waktu yang berbeda

Tiba di Kualanamu, 4 WNA Malaysia Positif COVID-19Penumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kata Heti, empat WNA itu datang dalam rentang waktu yang berbeda. Yakni pada Senin (24/5/2021) dan Selasa (25/4/2021). Pihak KKP kata Heti, pihaknya tetap memberlakukan standar operasional prosedur kepada para pelaku perjalanan internasional.

Kata Heti, para pelaku perjalanan internasional harus menjalani isolasi selama lima hari.

Setibanya di Bandara, petugas KKP juga akan langsung melakukan swab PCR dan swab kedua pada saat masa karantinanya usai.

"Mereka akan dikarantina sembari menunggu hasil swab-nya keluar. Dari pemeriksaan itu kita dapatkan 4 orang dengan hasil pemeriksaannya positif Covid-19," jelasnya. Tapi, bila hasilnya negatif, maka swab akan kembali dilakukan saat masa karantina berakhir, baru boleh keluar," jelasnya.

Baca Juga: Super Blood Moon, Banjir Rob di Belawan Diprediksi Lebih Besar

2. Pengawasan ketat diberlakukan kepada pelaku perjalanan internasional, antisipasi masuknya COVID-19 varian baru

Tiba di Kualanamu, 4 WNA Malaysia Positif COVID-19ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah menegaskan, saat ini penanganan super ketat memang dilakukan di Bandara dalam mengantisipasi masuknya virus Covid-19 varian India B1617.

"Makanya penanganan kita sekarang super ketat di Bandara. Bahkan, untuk hasil rapid antigen positif akan langsung dikirim ke RS untuk isolasi," tegasnya.

3. Malaysia masih melakukan lockdown

Tiba di Kualanamu, 4 WNA Malaysia Positif COVID-19Ilustrasi jalanan protokol di Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Sampai saat ini, Malaysia masih melakukan lockdown akibat gelombang Covid-19 yang kembali berlangsung.

“Oleh karena itu, Sumut harus semakin waspada guna mencegah importasi virus corona dari negara tersebut. Kita khawatir virus varian India sampai masuk ke Sumut. Apalagi kita melihat di Malaysia juga banyak WN dari India,” tandasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Rapid Test Lantatur Di Medan Digeledah Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya