Comscore Tracker

Tarawih Pertama 2021, Masjid Raya Al Mashun Terapkan Prokes Ketat

Jamaah diminta membawa sajadah sendiri

Medan, IDN Times – Meski masih di dalam suasana pandemik, masyarakat tetap antusias untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid. Seperti yang terlihat di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Senin (12/4/2021).

Salat tarawih malam pertama Ramadan masjid peninggalan Kesultanan Deli itu dipadati jamaah. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Badan Kenaziran Masjid (BKM). Pihak BKM terus mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Berikut 12 Bacaan Bilal dan Jawabannya dalam Salat Tarawih dan Witir

1. Jamaah diminta membawa sajadah sendiri

Tarawih Pertama 2021, Masjid Raya Al Mashun Terapkan Prokes KetatJamaah mencuci tangan sebelum masuk ke dalam Masjid Raya Al Mashun sebelum melaksanakan salat tarawih berjamaah, malam pertama Ramadan, Senin (12/4/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Salat tarawih berjalan khusyuk. Pantauan di lapangan, sebagian besar jamaah tetap menaati protokol kesehatan. Hanya sebagian kecil yang abai tidak memakai masker.

Sebelum masuk ke dalam area masjid, para jamaah diminta melewati bilik disinfektan. Kemudian mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Jumlah jamaah diperkirakan ratusan. Aula utama masjid penuh. Sejumlah jamaah juga ada yang memilih salat di selasar.

“Bagi jemaah yang tetap (datang) berjamaah sudah kami anjurkan pakai masker, cuci tangan dan jangan lupa bawa sajadah masing-masing,’’ujarnya 

2. Masjid Raya Al Mashun disemprot desinfektan sebelum salat tarawih

Tarawih Pertama 2021, Masjid Raya Al Mashun Terapkan Prokes KetatSuasana salat tarawih malam pertama Ramadan di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Senin (12/4/2021) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sekretaris BKM Masjid Raya Al Mashun Zaini Hafiz mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan sebelum pelaksanaan salat tarawih.

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh areal masjid. “Kami tetap mengimbau jamaah tetap menjalankan protokol kesehatan selama berada di areal masjid. Ini dilakukan supaya meminimalisir potensi penularan COVID-19,” ungkap Hafiz.

3. Jumlah jamaah meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya

Tarawih Pertama 2021, Masjid Raya Al Mashun Terapkan Prokes KetatSejumlah jamaah salat tarawih di selasar Masjid Raya Al Mashun Medan, Senin (12/4/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Pengurus BKM Masjid Raya Al Mashun Muhammad Hamdan mengakui ada peningkatan jamaah dari tahun sebelumnya saat pandemik. Pihaknya juga tidak bisa membendung antusias masyarakat dalam menjalankan ibadah Ramadan.

“Kita tetap upayakan jamaah untuk menjaga jarak dan menerapkan prokes," ujarnya.

Baca Juga: Tarawih Perdana, Masjid Agung Medan Tak Seramai Tahun Lalu

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya