Sugeng Dilantik Jadi Pj Bupati Tapteng, Diingatkan Jaga Kondusifitas

Sugeng mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Babel

Medan, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Sugeng Riyanta sebagai Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (15/11/2023). Sugeng diingatkan untuk menjaga kondusifitas daerah. Khususnya pada masa Pemilu dan Pilkadsa serentak 2024 mendatang.

Untuk diketahui, Sugeng merupakan mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung.

“Saya sampaikan, ini juga salah satu urusan mendesak, saudara Pj Bupati memfasilitasi persiapan Pemilu Pilkada serentak, saya mengajak saudara Pj Bupati agar dapat menjaga netralitas ASN dan memelihara kondusivitas masyarakat Tapteng pada Pemilu dan Pilkada serentak,” ujar Hassanudin.

1. Diminta jangan intervensi KPU dan Bawaslu

Sugeng Dilantik Jadi Pj Bupati Tapteng, Diingatkan Jaga KondusifitasPj Gubernur Sumut Hassanudin melantik Sugeng Riyanta menjadi Pj Bupati Tapanuli Tengah, Rabu (15/11/2023). (Diskominfo Sumut)

Hassanudin juga meminta Sugeng untuk memberi dukungan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah, tanpa melakukan intervensi apapun. Serta mengantisipasi gejolak politik sekecil apapun.

“Senantiasa antisipasi gejolak politik sekecil apapun, yang dapat menganggu ketentraman masyarakat,” kata Hassanudin.

2. Ingatkan soal pengendalian inflasi hingga dampak El Nino

Sugeng Dilantik Jadi Pj Bupati Tapteng, Diingatkan Jaga KondusifitasPj Gubernur Sumut Hassanudin melantik Sugeng Riyanta menjadi Pj Bupati Tapanuli Tengah, Rabu (15/11/2023). (Diskominfo Sumut)

Sugeng juga diingatkan beberapa hal strategis. Di antaranya pengendalian inflasi, stimulus ekonomi dan bantuan sosial hingga dampak fenomena El Nino.

“Cari inovasi dan terobosan, meningkatkan investasi, serta terus dukung program prioritas pemerintah. Seperti penurunan kemiskinan stunting dan hilirisasi industri. Mari memberantas peredaran penggunaan Narkoba,” kata Hassanudin.

3. Sugeng berkomitmen menjaga netralitas ASN

Sugeng Dilantik Jadi Pj Bupati Tapteng, Diingatkan Jaga KondusifitasIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta usai dilantik menegaskan, bahwa netralitas ASN adalah sesuatu yang mutlak.

“Dengan netralitas semua bisa diayomi, Pemilu pun berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” katanya.

Selain itu, Sugeng menjamin, apabila ada ASN yang tidak netral pada Pemilu dan Pilkada akan segera dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Presiden sudah memberikan arahan, Gubernur juga sudah memberikan arahan, semua juga sudah tertuang dalam UU ASN, ASN ini harus netral, apabila ada pelanggaran hukum pasti ada sanksinya,” katanya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya