Rumah Wartawan Labuhanbatu Dibakar OTK, Sebelumnya Diancam Bunuh

Penyebabnya masih diselidiki polisi

Medan, IDN Times – Rumah milik Junaidi Marpaung, seorang wartawan media online di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara dibakar orang tidak dikenal (OTK). Video kebakaran itu viral di lini masa media sosial.

Pembakaran itu terjadi pada Kamis (21/3/2024) dinihari.

Dilihat dari akun @medantau.id, tampak mobil dan rumah tersebut hangus dilalap si jago merah. Pada saat itu, Junaidi sempat merekam peristiwa kebakaran itu, dia lalu menduga ada pihak yang sengaja membakarnya.

"Ya Allah kau bakar rumahku ya, kau bakar rumahku ya," ujarnya dalam video.

1. Pembakaran rumah diduga ada motif tertentu

Rumah Wartawan Labuhanbatu Dibakar OTK, Sebelumnya Diancam BunuhIlustrasi Kebakaran (Dok. istimewa)

Ihwal kejadian ini Junaidi belum memberikan tanggapan. IDN Times yang mengonfirmasinya, Jumat (22/3/2024) belum mendapatkan respon.

Junaidi juga diketahui sebagai anggota muda PWI Labuhanbatu. Ketua PWI Sumut menduga pembakaran ini memiliki motif kesengajaan.

Sebab beberapa hari sebelum kejadian Junaidi sempat diancam akan dibunuh melalui media sosial.

"Diduga ini ada unsur kesengajaan karena sebelum terjadi peristiwa kebakaran ada ancaman yang disampaikan orang tak dikenal melalui media sosial (Facebook) di Grup 'Berita Labuhan Batu' kepada Junaidi Marpaung," ujar Farianda  dalam siaran persnya.

2. PWI minta polisi mengusut kasus pembakaran

Rumah Wartawan Labuhanbatu Dibakar OTK, Sebelumnya Diancam Bunuhilustrasi jurnalis (pexels.com/hermaion)

Farianda juga belum merinci soal dugaan motif pembakaran. PWI Sumut mendesak polisi agar mengusut tuntas kasus ini.

Selain itu dia juga mengimbau seluruh anggota PWI Sumut ikut mengawal kasus ini dengan mematuhi prosedur hukum yang berlaku.

3. Polisi masih melakukan penyelidikan

Rumah Wartawan Labuhanbatu Dibakar OTK, Sebelumnya Diancam BunuhOperasi Sikat Toba 2022 penjarakan 405 pelaku kejahatan. Operasi ini dilakukan selama 20 hari hingga 20 Desember 2022. (Dok: Polda Sumut)

Sementara itu, polisi masih melakukan penyelidikan. Tim gabungan dari Polda Sumut dan Polres Labuhanbatu tengah mendalami kasus terbakarnya rumah wartawan yang diduga dilakukan OTK.

"Kita sedang melakukan Olah TKP dan fokus pada pengumpulan bukti-bukti formil serta materil," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya