Rektor USU Positif COVID-19, Jurnalis Juga Ikut Swab Test

Pegawai yang kontak erat dengan Runtung jalani tes COVID-19

Medan, IDN Times – Pelayanan di Universitas Sumatera Utara (USU) tetap berjalan meski Rektor Prof Runtung Sitepu dan beberapa lainnya dinyatakan positif COVID-19. Sejumlah staf yang kontak erat dengan Runtung pun menjalani uji COVID-19.

Uji COVID-19 dilakukan di Rumah Sakit USU, Jalan dr Mansur, Medan, Senin (13/7). Petugas mengambil sampel tenggorok menggunakan metode swab.

“Kami melakukan tracing internal. Dari tracing itu kita anjurkan, kepada yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar Direktur Pelayanan Medik RS USU Riyadh Ikhsan, Senin (13/7).

1. Rektor dinyatakan positif setelah dilakukan tracing terhadap kontak erat dengan Prof Darma Bakti

Rektor USU Positif COVID-19, Jurnalis Juga Ikut Swab TestPegawai mengecek suhu tubuh Rektor USU Runtung Sitepu disela peninjauan kesiapan fakultas jelang kenormalan baru (dok Humas USU)

Riyadh menyatakan jika Runtung diketahui positif COVID-19 setelah pihaknya melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan Prof Darma Bakti.

“Sebelumnya kita dapati dari Prof Darma, beliau hasilnya positif. Berangkat dari prof Darmalah makanya kita lakukan tracing. Tracing terdekat itu orang serumah. Istri beliau. Prof Rosmayati WR I. Kita lakukan tracing lagi, sehingga ke Pak Rektor. Pak Rektor positif dan kita lakukan tracing lagi untuk semakin mengembangkan,” ujar Riyadh.

Tracing pun diteruskan jika ada kontak erat dengan rektor USU dinyatakan positif COVID-19. Uji COVID-19 dilakukan seefisien mungkin untuk memutus rantai penularan.

“Kita kembangkan lagi dari hasil pemeriksaan itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Tak Hanya Rektor USU, Wakil Rektor I  dan Suami Juga Positif COVID-19

2. Wartawan yang ikut meliput rektor meninjau UTBK juga harus swab test

Rektor USU Positif COVID-19, Jurnalis Juga Ikut Swab TestIlustrasi UTBK 2020. (Dok. Humas USU)

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Runtung sempat meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020 pada 5 Juli 2020. Saat itu, sejumah jurnalis juga ikut melakukan peliputan.

Sejumlah jurnalis juga ikut melakukan uji COVID-19 karena khawatir. Salah satunya Juli, Jurnalis salah satu media online di Medan.

“Hanya untuk jaga-jaga. Meskipun secara ingatan saya tidak ada bersentuhan dengan Pak Rektor. Kemudian selama peninjauan UTBK kemarin kami juga beda mobil. Kami di mobil khusus wartawan,” ujar Juli.

Saat itu, Kata Juli, ada sekitar 20 orang jurnalis yang ikut meliput. Meskipun Juli saat itu tetap menjaga jarak saat mengobrol dengan Runtung.

3. Keluarga dekat Runtung dinyatakan negatif COVID-19

Rektor USU Positif COVID-19, Jurnalis Juga Ikut Swab TestRektor USU Runtung Sitepu (Dok. USU)

Hingga saat ini, layanan administrasi di USU tetap berjalan. Runtung pun tetap melakukan pematauan jalannya pelayanan.

Runtung saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya. Kesehatannya dalam keadaan baik. Begitu juga dengan Darma Bakti dan Rosmayati. Pihak kampus juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan rektorat.

Runtung pun memberi kabar kondisinya saat ini. Dia juga mengatakan jika keluarganya sudah menjalani uji COVID-19.

"Berdasarkan hasil swab yg diuji menggunakan teknologi PCR di Rumah Sakit USU terhadap Anggota keluarga Rektor USU Prof.Dr. Runtung Sitepu,SH.M.Hum, Isteri Farida Tarigan) 3 orang anak (dr.Yan Indra Fajar Sitepu,Sp.PD (M.Ked.PD.), Faradila Yulistari Sitepu, SH.MH. dan  dan Febrinka Ananda Sitepu, S.Ked), 3 orang menantu (dr.Andi Raga Ginting, Sp.PD.(M.Ked.PD), (K), dr.Halida Rahma Nasution, dan dr.Chairul Andika) serta 2 cucu (Naafa Maisyfa Ginting dan Ranaya Zafira Ginting) yg baru dikeluarkan pukul 16.00 WIB hari ini, Senin, 13 Juli 2020 Alhamdulillah semuanya negatif," kata Runtung lewat pesan singkat.

Baca Juga: Diperiksa Marathon Dugaan Kasus Prostitusi, Artis FTV HH Kelelahan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya