Presiden Jokowi akan Nonton F1 Powerboat di Danau Toba

Pangdam akan siagakan 7.520 personel

Medan, IDN Times – Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo dikabarkan akan hadir dalam perhelatan F1 Powerboat atau F1H2O di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, 24-26 Februari 2023 mendatang. Kabar ini terkonfirmasi dalam rapat koordinasi persiapan F1H2O di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (19/1/2023).

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi ingin semua persiapan F1H20 berjalan mulus. Dia  tidak ingin ada kesalahan yang akan berdampak pada nama baik Sumatra Utara.

“Semua harus berperan ini. Pak Bupati. Jaga nama baik kita,” kata Edy.

Dalam rapat itu, Edy membahas hingga detil teknis persiapan F1H2O. Mulai dari sisi pengamanan, fasilitas kesehatan, komunikasi, jaringan listrik hingga lalu lintas.

1. TNI siagakan ribuan prajurit

Presiden Jokowi akan Nonton F1 Powerboat di Danau TobaShaun Torrent dari Abu Dhabi Team. (dok. F1H2O Championship/F1H2O)

Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen Achmad Daniel Chardin menjelaskan, pihaknya menyiagakan sampai 7.520 personel. Untuk pengamanan F1H2O ada 332 personel yang akan bergabung dengan kepolisian.

“Apabila kegiatan ini akan dihadiri presiden, kita sudah menyiapkan pengamanan VVIP. Dengan personel yang terlibat 1936 personel. Jadi kita masih punya cadangan 5.000 personel yang kita siap,” ujar Achmad.

Kodam juga menyiagaka sejumlah perahu cepat di Danau Toba. Perahu ini akan membantu pengamanan sekaligus membantu proses evakuasi jika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tim F1H20 Liburan di Toba, Edy: Amankan, Jangan Pula Hilang Dompet

2. Polda masih menghitung kebutuhan pengamanan

Presiden Jokowi akan Nonton F1 Powerboat di Danau TobaKapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menghitung kebutuhan personel untuk pengamanan. Sementara, ada  1.500 personel gabungan yang akan terlibat operasi pengamanan.

“Masih terus kita hitung personel gabungan (sesuai dengan kebutuhan)," ucap Panca.

Tim gabungan ini, terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, dan elemen lainya. "Untuk kesiapan pelaksanaan dan kesiapan rencana pengamanan terus dipersiapkan dengan berkordinasi dengan Mabes Polri," sebut Panca.

3. Ada sejumlah helikopter disiagakan

Presiden Jokowi akan Nonton F1 Powerboat di Danau TobaIlustrasi unit helikopter Bell 412 EP yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk TNI Angkatan Darat (Dokumentasi PT DI)

Panca mengungkapkan Mabes Polri akan menurunkan peralatan keamanan dari CCTV dan helikopter untuk mendukung pegamanan. Helikopter juga akan disiagakan untuk mengevakuasi pebalap jika terlibat kecelakaan berat saat berkompetisi.

"Saya juga sudah melaporkan ke pak Kapolri dan bapak Kabaharkam selaku ketua pengamanan. Mabes Polri akan mensupport satu Helikopter untuk membantu helikopter yang ada. Dibantu dari SAR kalau kita melakukan evakuasi dari udara," kata Panca.

Panca mengungkapkan selama event berlangsung, pihaknya akan melakukan rekayasa jalan bagi akses masuk ke venue bagi tamu VVIP, VIP dan masyarakat umum. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan di lokasi penyelenggaraan F1H2O itu.

"Venue-venue tinggal teman-teman dari PUPR melakukan penyelesaian. Akan dilakukan rekayasa jalan, untuk tamu VVIP, VIP dan masyarakat umum, jalannya berbeda. Saya harap minggu sudah dilakukan uji coba," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar F1 Powerboat yang Akan Digelar di Danau Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya