Comscore Tracker

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di Siranggas

Tim harus menembus rapatnya rimba Siranggas

Medan, IDN Times - Sebanyak lima ekor satwa dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumatra Utara, Senin (14/6/2021). Totalnya ada empat jenis.  Dua ekor Binturong (Arctictis binturong), Seekor kukang (Nycticebus coucang), Seekor macan akar (Felis Bengalensis) dan ular sanca batik (Phyton reticulatus). Hanya sanca batik yang tidak masuk dalam kriteria satwa tidak dilindungi.

Pelepasliaran ini menjadi rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada 10 Agustus 2021 mendatang.

Untuk pelepasliaran itu, tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut harus menempuh perjalanan cukup jauh. Tim berangkat dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit, Deli Serdang, Senin pagi. Dari sana, perjalanan memakan waktu lebih dari lima jam ke SM Siranggas.

Sampai di pintu rimba Siranggas, tim harus membelah hutan. Masuk jauh ke dalam untuk memastikan lokasi pelepasliaran cocok untuk para satwa.

Rangkaian pelepasliaran ini berhasil didokumentasikan oleh lensa IDN Times.

Simak guys...

1. Sebelum dilepasliarkan, satwa-satwa itu menjalani rehabilitasi di PPS Sibolangit

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasSebelum dilepasliarkan, satwa-satwa itu direhabilitasi di PPS Sibolangit untuk mengembalikan sifat liarnya. (IDN Times/Prayugo Utomo)

2. SM Siranggas menjadi lokasi yang tepat untuk melepasliarkan satwa karena kondisi bentang alamnya yang cukup baik

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasSM Siranggas menjadi lokasi yang tepat untuk melepasliarkan satwa karena kondisi bentang alamnya yang cukup baik. (IDN Times/Prayugo Utomo)

3. Tim harus menerabas rimba Siranggas untuk menemukan lokasi pelepasliaran yang tepat

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasTim BBKSDA Sumut harus menerabas rapatnya rimba Siranggas untuk melepasliarkan sejumlah satwa hasil penindakan dan penyerahan masyarakat. (IDN Times/Prayugo Utomo)

4. Kukang (Nycticebus coucang) yang dilepasliarkan langsung memanjat ke atas pohon

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasSeekor kukang langsung memanjat ke atas pohon begitu dilepaskan dari kandang ke SM Siranggas, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatra Utara, Senin (14/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Baca Juga: Warga Keluhkan Akta Nikah Tak Keluar, Ini Kata Disdukcapil Binjai

5. Kukang yang dilepasliarkan sudah menjalani rehabilitasi sejak Mei 2020

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasSekor kukang dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumatra Utara, Senin (14/6/2021) petang. Kukang ini dilepaskan bersama dengan sejumlah satwa lainnya. (IDN Times/Prayugo Utomo)

6. Macan akar yang dilepasliarkan adalah hasil penindakan BBKSDA dari masyarakat

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasSatu ekor macan akar yang dilepasliarkan ke SM Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumatra Utara, Senin (15/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

7. Macan akar yang dilepasliarkan sesudah menjalani rehabilitasi di PPS Sibolangit sejak Januari 2021

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasMacan akar yang dilepasliarkan seudah menjalani rehabilitasi di PPS Sibolangit sejak Januari 2021. (IDN Times/Prayugo Utomo)

8. Dua ekor binturong yang dilepasliarkan adalah hasil penindakan dari masyarakat

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasBBKSDA Sumutjuga melepaskan dua ekor Binturong ke SM Siranggas, Senin (14/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

9. Binturong yang dilepasliarkan sudah dipastikan dalam keadaan sehat

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasBBKSDA Sumut melepaskan dua ekor binturong di SM Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumatra Utara, Senin (14/6/2021) petang. (IDN Times/Prayugo Utomo)

10. Saat dilepasliarkan, binturong langsung masuk ke dalam hutan

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasBBKSDA Sumut melepaskan dua ekor binturong dan sejumlah satwa lainnya di SM Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Senin (14/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

11. Ular sanca batik yang dilepasliarkan adalah hasil evakuasi dari PPS Sibolangit saat masuk ke sangkar burung

Potret Pelepasliaran Kucing Akar, Kukang hingga Binturong di SiranggasBBKSDA juga melepasliarkan ular sanca batik ke SM Siranggas, Kabupaten Pakpakbharat, Sumut, Senin (14/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Itulah potret pelepasliaran sejumlah satwa ke SM Siranggas, Pakpakbharat, Sumatra Utara.

Baca Juga: 4 Langkah Bercocok Tanam Hidroponik untuk Pemula

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya