Pernah Direktur Penyidikan KPK, Ini Rekam Jejak Kapolda Panca Putra

Panca sebelumnya jabat Kapolda Sulut

Medan, IDN Times – Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak resmi menggantikan Irjen Martuani Sormin sebagai Kapolda Sumatra Utara. Mutasi jabatan ini ditegaskan dengan beredarnya Surat Telegram Kapolri  Nomor: ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Kabar soal mutasi jabatan ini juga sudah dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Iya betul," kata Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, dilansir ANTARA, Kamis (18/2/2021).

Panca Putra sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara. Penasaran dengan sosoknya? Ini rekam jejaknya.

1. Irjen Panca adalah pria kelahiran Medan banyak bergelut di reserse dan kriminal

Pernah Direktur Penyidikan KPK, Ini Rekam Jejak Kapolda Panca PutraIDN Times/Arief Rahmat

Informasi yang dihimpun, Irjen Panca merupakan seorang perwira kelahiran Kota Medan Januari 1969. Lulusan Akpol 1990 ini banyak bergelut di bidang reserse atau kriminal. Sejumlah jabatan sudah pernah diembannya.

Mulai dari Kapolres Banyumas dan Tegal. Kemudian dia pernah menjabat sebagai Direktur Reskrimsus Polda Jateng pada 2011. Panca juga pernah dipercayakan menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri pada 2018.

2. Pada 2018, Panca sempat jabat Direktur Penyidikan KPK

Pernah Direktur Penyidikan KPK, Ini Rekam Jejak Kapolda Panca PutraIlustrasi Penyelidikan KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Yang menarik, pada 2018 Panca juga pernah dipercayakan mengemban tugas sebagai Direktur Penyidikan KPK pada 2018. Kala itu Panca menggantikan Brigjen (Pol) Aris Budiman. 

Selain itu Panca juga pernah ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan KPK menggantikan Irjen Firli Bahuri. 

Baca Juga: Panca Putra Simanjuntak Gantikan Martuani Jadi Kapolda Sumut

3. Irjen Martuani Sormin setahun pimpin Polda Sumut

Pernah Direktur Penyidikan KPK, Ini Rekam Jejak Kapolda Panca PutraKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin (IDN Times/Prayugo Utomo)

Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjadi Kapolda Sumut dipercayakan mengemban tugas sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Polri.

Martuani merupakan lulusan Akpol 1987. Laki-laki kelahiran Tapanuli Utara 1963 lalu ini banyak mengemban tugas di bidang reserse. Sebelum menjadi Kapolda Sumut Martuani sempat menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri pada 2019. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri 2017, Kepala Kepolisian Daerah Papua pada 2018 dan jabatan penting lainnya.

4. Tiga mantan Kapolda Sumut duduki jabatan tinggi

Pernah Direktur Penyidikan KPK, Ini Rekam Jejak Kapolda Panca PutraKomjen Agus Andrianto. (Istimewa)

Dalam surat telegram itu juga tercantum sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi dengan warga Sumut. Mereka adalah para jenderal yang pernah bertugas sebagai Kapolda Sumut.

Antara lain, Komjen Rycko Amelza Dahniel diangkat sebagai Kalemdiklat Polri menggantikan Komjen Arief Sulistyanto. Kemudian ada nama Komjen Paulus Waterpauw yang menggantikan Rycko sebagai Kabaintelkam Polri. Kemudian Kabaharkam Komjen Agus Andrianto yang kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Baca Juga: [BREAKING] Polri Akhirnya Beri Izin Turnamen Pramusim Piala Menpora

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya