Bupati Taput Perdana Mendaftar ke PDIP untuk Bacalon Gubernur Sumut

Nikson mendaftar Sabtu (6/4/2024) hari ini

Medan, IDN Times- Bursa bakal calon (bacalon) Gubernur Sumatra Utara mulai ramai dibicarakan. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mulai melakukan penjaringan bacalon pekan ini. Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menjadi bacalon pertama yang mendaftar. 

Formulir itu diserahkan Nikson, Sabtu (6/4/2024) saat acara buka bersama DPD PDIP Sumut. Berkas diterima langsung Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon dan Ketua Bappilu DPD PDIP Sumut Mangapul Purba.

"Kebetulan karena masing-masing kita punya kesibukan, besok hari libur, dan beliau Pak Nikson kita terima sebagai yang pertama kalinya," kata Rapidin Simbolon di Medan, Sabtu (6/3/2024).

1. Dengan 21 kursi di DPRD Sumut, PDIP wajib incar gubernur

Bupati Taput Perdana Mendaftar ke PDIP untuk Bacalon Gubernur SumutPDI Perjuangan gelar seleksi caleg 2024 dengan pendidikan antikorupsi (IDN Times/Ilman)

Rapidin mengatakan, PDIP Sumut akan memberikan usulan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Nantinya keputusan di tangan Megawati. 

"Kita dari DPD, DPC memberikan memberikan masukan kepada DPP," ujarnya.

Selain itu PDIP Sumut tentu mengincar kunci Gubernur, bukan wakil gubernur. Apalagi mereka punya 21 kursi. 

"Kita nggak pernah mengincar kursi wakil gubernur, kita gubernur lah, ini udah 21 kursi kita sekarang ini sudah bisa membawa calon sendiri, masa kita mengincar kursi wakil gubernur," bebernya.

2. Nikson yakin Pilgub kali ini, PDIP tak akan kalah keempat kali

Bupati Taput Perdana Mendaftar ke PDIP untuk Bacalon Gubernur SumutNikson Nababan, Bupati Taput (Dok. IDN Times)

Sementara itu Nikson mengatakan mendapat dorongan dari masyarakat Sumut untuk ikut maju. 

"Ya tentu kita melihat ada elemen-elemen masyarakat yang menginginkan perubahan di Sumutdan saya mencoba komunikasi dengan Pak Ketua, Bappilu, dan semua DPD karena kewenangan DPD dan hari ini saya ngasih formulir pendaftaran," sebut Nikson Nababan.

Selama tiga kali Pilgub Sumut, PDIP juga sudah 3 kali menelan kekalahan. Sebelumnya pada 2008 Tri Tamtomo-Benny Pasaribu, pada 2012 Effendi Simbolon-Jumiran Abdi dan pada 2018 Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus.  

Untuk itu Nikson tak mau pada Pilkada kali ini bernasib sama. Apalagi kali ini ada penambahan kursi PDIP di DPRD Sumut. 

"Harapan kita, kita 3 kali bertarung kita selalu gagal, ini kita ada penambahan kursi menjadi 21 mengusung sendiri, artinya jangan gagal lagi, harapan kita begitu, tujuannya adalah untuk membangun Sumut," ungkapnya.

3. Nikson siap menanti siapapun yang diputuskan partai

Bupati Taput Perdana Mendaftar ke PDIP untuk Bacalon Gubernur SumutNikson Nababan, Bupati Taput (Dok. IDN Times)

Bupati Taput dua perrode itu berharap masyarakat Sumut memberi dukungan. Dia siap menerima siapapun yang diputuskan Megawati.

"Mudah-mudahan masyarakat Sumut bisa mendukung, tapi pada intinya semua mekanisme partai. Artinya siapapun yang diputuskan partai oleh ketua umum, kita harus tetap silaturahmi, itulah yang terbaik untuk membangun Sumatera," tutupnya.

Untuk diketahui, sudah ada tiga orang yang berkomunikasi dan ingin mendaftar ke PDIP. Seperti Nikson Nababan, mantan Gubsu Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua DPRD Sumut dari NasDem Rahmansyah Sibarani.

Baca Juga: Pratikno Tegaskan Hubungan Jokowi dan PDIP Baik-baik Saja

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya