Pencurian Minyak Pertamina, 10 Rumah di Belawan Hangus Terbakar

Kasus sudah sering terjadi

Medan, IDN Times – Api membakar kawasan padat penduduk di Kampung Kurnia, Lingkungan 10, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (14/10/2023). Kebakaran ini diduga karena kebocoran pipa milik Pertamina.

Kebocoran ini juga diduga akibat pencurian minyak di pipa tersebut. Kasus pencurian ini sudah sering terjadi.

1. Warga menyelamatkan diri

Pencurian Minyak Pertamina, 10 Rumah di Belawan Hangus TerbakarKebakaran di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (14/10/2023). (Dok. IDN Times)

Kebakaran yang menghanguskan 10 rumah ini tidak menyebabkan korban jiwa. Namun lebih dari 10 kepala keluarga tidak memiliki  hunian karena rumahnya hangus.

Kebakaran dapat dipadamkan. Petugas Damkar Kota Medan menerjunkan 10 armada gajah merahnya untuk memabantu memadamkan api. Si jago merah baru bisa dipadamkan setelah dua jam.

2. Pertamina kembali mengonfirmasi pencurian

Pencurian Minyak Pertamina, 10 Rumah di Belawan Hangus TerbakarKantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengonfirmasi soal pencurian minyak yang terjadi. Kata dia, pencurian minyak dilakukan di pipa milik FT Medan Group - Belawan.

"Kebakaran yang terjadi di ruas jalur pipa di Kampung Kurnia diakibatkan oleh adanya aksi illegal taping terhadap pipa penyalur BBM milik FT Medan Grup PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut," ucap Satria, Selasa malam, 14 November 2023.

Atas peristiwa kebakaran itu, Satria memastikan stok BBM di FT Medan Grup dalam kondisi aman dan mencukupi, untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat, terutama wilayah Sumatera Utara.

"Seperti yang diketahui kejadian aksi illegal tapping ini telah terjadi beberapa kali dan telah menjadi fokus perhatian utama, bagi Pertamina dan pemangku kepentingan diantaranya aparat penegak hukum serta pemerintah," kata Satria.

3. Kebakaran berulang, para pencuri minyak tidak jera

Pencurian Minyak Pertamina, 10 Rumah di Belawan Hangus TerbakarKebakaran di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (14/10/2023). (Dok. IDN Times)

Sebelum hari ini, kasus kebakaran karena pencurian minyak juga terjadi di Belawan Bahari. Kebakaran hebat juga terjadi pada Kamis (26/10/2023). Kebakaran berujung pada dua korban yakni ibu dan anak. Keduanya harus dirawat di rumah sakit karena mengalami luka bakar serius.

Para pelaku pencurian seakan tidak pernah jera. Padahal ada bahaya yang mengancam. Di Kampung Kurnia, polisi pernah menggerebek tempat penampungan solar diduga curian. Beberapa orang juga ditangkap pada akhir 2022. Di tahun itu, kasus pencurian sudah terjadi sekitar enam kali.

Para pelaku seakan tidak takut dengan jerat hukum. Pertamina juga sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan melakukan patroli.

"kami memohon dukungan kepada aparat penegak hukum, untuk dapat bertindak tegas dan memmroses secara hukum, terhadap pelaku aksi illegal tapping ini, secara serius. Sehingga aksi illegal tapping tidak terjadi lagi," ucap Satria.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya