Pelni Tambah Jadwal Pelayaran KM Kelud Menjelang Lebaran

Tanggal 7April hingga 8 Mei 2023 KM Kelud 9 kali berlayar

Medan, IDN Times – Menghadapi musim mudik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menambah frekuensi pelayaran KM Kelud. Penambahan perjalanan ini dilakukan pada 7 April-8 Mei 2023.

"Kami menyiagakan satu kapal, yaitu KM Kelud, dengan penambahan frekuensi perjalanan," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana  dilansir ANTARA, Minggu (9/4/2023).

1. Biasanya, KM Kelud hanya empat kali berlayar dalam sebulan

Pelni Tambah Jadwal Pelayaran KM Kelud Menjelang LebaranKapal Kelud (IDN Times/Fadli Syaputra)

Biwa menjelaskan, pada lalu lintas normal, KM Kelud hanya berlayar empat kali sebulan atau satu pelayaran setiap pekan.

Khusus pada masa Lebaran, keberangkatan KM Kelud dari Medan bertambah menjadi setidak-tidaknya enam kali dalam sebulan.

Pada rentang 7 April - 8 Mei 2023, ada sembilan kali keberangkatan KM Kelud dari Belawan dengan rincian enam kali pada rentang 8-30 April 2023 dan tiga kali pada 1-7 Mei 2023. Keberangkatan ini di luar jadwal pada 2 April serta tiga kali berlayar pada 13-22 Maret 2023 dari Belawan.

KM Kelud tersebut bertujuan Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok, lalu Belawan-Batam-Kijang-Tanjung Priok dan Belawan-Batam pulang pergi.

2. KM Doro Londa diperbantukan angkut penumpang

Pelni Tambah Jadwal Pelayaran KM Kelud Menjelang LebaranIlustrasi - Kapal Motor (KM) Dobonsolo asal Tanjung Priok yang mengangkut peserta program mudik gratis sepeda motor asal Tanjung Priok, Jakarta bersandar di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Pelni juga memperbantukan operasional KM Kelud dengan menyiagakan KM Doro Londa. Kapal tersebut berangkat pada 19 April 2023 dengan tujuan Belawan-Batam-Kijang.

"KM Dorolonda hanya dioperasikan pada arus mudik. Untuk arus balik, cuma KM Kelud yang melakukan perjalanan," kata Biwa.

3. Belum terlalu banyak penumpang berlayar dari Belawan

Pelni Tambah Jadwal Pelayaran KM Kelud Menjelang LebaranPara penumpang kapal berada di KM Kelud sebelum bersandar di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (13/4/2020) malam. Sebanyak 56 penumpang kapal PT Pelni KM Kelud yang tiba di Medan akan menjalani proses karantina sementara terkait 40 anak buah kapal (ABK) yang dinyatakan positif rapid test COVID-19 di Batam. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Biwa menjelaskan, saat ini jumlah penumpang yang berlayar dari Pelabuhan Belawan belum terlalu banyak.

Pada hari pertama keberangkatan masa Lebaran, Sabtu (8/4), baru ada 789 penumpang yang menggunakan kapal KM Kelud dengan tujuan Batam.

Jumlah tersebut lebih sedikit daripada penumpang yang turun di Pelabuhan Belawan dari Batam, juga pada Sabtu (8/4/2023), yakni 1.383 orang. Namun, total tersebut belum mencapai kapasitas maksimal yang dapat dibawa oleh KM Kelud yakni sekitar 2.600 penumpang.

Baca Juga: Harga Masih Normal, Tiket Bus Lebaran Diserbu Pemudik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya