Pasar Tani Jual Bahan Pokok dengan Harga Miring saat Ramadan

Barantan pastikan lalu lintas komoditas lancar

Medan, IDN Times - Balai Besar Karantina Pertanian Belawan menggelar pasar tani. Mereka menyediakan kebutuhan bahan pokok dan komoditas pertanian dengan harga yang miring.

Meski dijual dengan harga lebih murah, Karantina Pertanian Belawan memastikan kualitas produknya tetap baik.

"Hari ini kami bekerjasama dengan Bulog, perusahan pengguna jasa karantina, asosiasi dan UMKM untuk menyediakan komoditas pertanian berkualitas dengan harga terjangkau," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan kepada Lenny Hartati Harahap di Medan, Minggu (9/4/2023.

1. Harga beras Rp40 ribu per 5 Kg, Daging ayam beku Rp29 ribu

Pasar Tani Jual Bahan Pokok dengan Harga Miring saat RamadanIlustrasi gudang beras (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dari catatan Barantan Belawan, harga komoditas yang dijual di Pasar Tani memang lebih murah dari pasar pada umumnya.

Beras Rp40 ribu per 5 kg, gula pasir Rp11.500/kg dari Asphami, minyak goreng Rp20.000/1,8 liter dari PT. Sintong Abadi, bawang putih Rp17.000/kg, bawang bombay Rp7.000/Kg  dari PT. Sianjur Mulamula, kacang tanah kupas Rp30 ribu/kg dari PT Tani Rakyat. Daging ayam beku dari PT. Charoen Phokphand dijual dengan harga Rp29 ribu per Kg.

"Kesempatan ini juga kita manfaatkan untuk mengenalkan komoditas unggulan ekspor asal Sumatera Utara. Sertifikat ekspor komoditas tumbuhan (phytosanitary certificate) yang kami serahkan hari ini adalah sertifikat yang ke 3000 dari frekuensi pemeriksaan Januari - Maret 2023 dengan total volume 300 ribu ton," ujar Lenny.

2. Barantan juga monitoring lalulintas komoditas pertanian

Pasar Tani Jual Bahan Pokok dengan Harga Miring saat RamadanBarantan memantau lalu lintas komoditas pertanian jelang Ramadan. (Dok Barantan Belawan)

Balai Karantina Pertanian juga melakukan patroli lalu lintas komoditas pertanian selama Ramadan.  Mereka ingin memastikan kelancaran lalu lintas komoditas menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023 di Sumatra Utara. 

Kepala Barantan Bambang memastikan sejauh ini tidak ada hambatan pada lalulintas barang bahan pokok dan kebutuhan pangan baik dari impor maupun lalulintas antar pulau.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada keluhan dari pengguna jasa tentang layanan karantina, semua instansi pemangku kepentingan telah melakukan koordinasi dengan baik," ujar Bambang saat melakukan patroli, Sabtu (8/4/2023).

3. Harga komoditas pertanian relatif stabil

Pasar Tani Jual Bahan Pokok dengan Harga Miring saat RamadanBarantan memantau lalu lintas komoditas pertanian jelang Ramadan. (Dok Barantan Belawan)

Bambang juga mengatakan, sejauh ini ketersediaan di Sumatera Utara semuanya terpenuhi, cukup, dan harga-harga stabil bahkan relatif menurun hampir sama di seluruh Indonesia.

Menurut Bambang, untuk komoditas-komoditas yang biasanya hampir setiap tahun mengalami kenaikan seperti daging ayam, telur, cabai, bawang, itu tidak terjadi di tahun ini.

“Semoga itu bukan dikarenakan daya beli yang rendah tapi saya yakin karena perjuangan kerja keras jajaran Kementerian Pertanian sehingga komoditas bahan pokok tersedia di pasar,” pungkasnya.

Baca Juga: Vito Sinaga Tantang Ojol Beli Ketoprak Naik Pesawat dari Medan-Jakarta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya