Pasar Murah Digeber untuk Tekan Harga Beras di Sumut

Harga beras premium masih di angka Rp17 ribu- 18 Ribu

Medan, IDN Times – Harga beras di Kota Medan masih tinggi. Harga rata-rata beras medium berkisar Rp15 ribu sampai Rp16 ribu per kilogram. Harg ini melewati Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium di angka Rp11.500 per kilogram. Sementara untuk kelas premium di angka Rp17 ribu sampai Rp18 ribu per kilogram.

Tingginya harga beras membuat pemerintah menggelar pasar murah. Kegiatan ini diklaim mampu menekan harga.

1. Penyaluran SPHP digeber

Pasar Murah Digeber untuk Tekan Harga Beras di SumutInin Nastain IDN Times/ warga belanja beras pada pasar murah

Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara mempercepat penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke mitra dan kegiatan pasar murah di wilayahnya demi menekan harga.

"Dengan stok yang ada saat ini, kami sangat percaya diri. Namun, kami juga harus 'kejar-kejaran' dengan 'demand' (permintaan)," ujar Wakil Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Maruly Abraham Syah di Medan dilansir ANTARA, Minggu (25/2/2024).

Kata Maruly, percepatan pasokan beras dilakukan untuk mencegah kekurangan stok di pasar.

2. Permintaan beras di pasar masih tinggi

Pasar Murah Digeber untuk Tekan Harga Beras di SumutRatusan warga dari berbagai desa di kecamatan Barat Magetan serbu oprasi pasar murah. IDN Times/ Riyanto

 Saat ini, permintaan beras memang tinggi. Maruly mencontohkan Rumah Pangan Kita (RPK), salah satu mitra Bulog di Sumut, yang bisa mengajukan permintaan beras kepada Bulog kurang dari satu pekan setelah mereka mendapatkan dua ton beras yang seharusnya untuk keperluan dua minggu.

"Jadi kami terus memenuhi itu. Ditambah lagi untuk pasar-pasar murah yang bekerja sama dengan dinas perdagangan di berbagai wilayah di Sumut. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan pasar-pasar. Stok beras aman dan kami gencar memenuhi permintaan beras dari setiap saluran," kata dia.

Kemudian, Bulog Sumut juga memerhatikan keberadaan beras SPHP di retail modern yang disebut Maruly beberapa kali terbatas.

3. Cadangan stok pemerintah mencapai 20 ribu ton

Pasar Murah Digeber untuk Tekan Harga Beras di SumutDirektur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi. (dok Bulog)

Untuk mempercepat distribusi, Bulog Sumut fokus memangkas waktu pengemasan ulang. Dari karung 50 Kg ke dalam 5 Kg.

Terkait stok, Maruly menyebut, saat ini Bulog Sumut memiliki stok cadangan beras pemerintah sekitar 20 ribu ton. Kemudian, akan ada tambahan pasokan beras pada akhir Februari 2024 sebesar 10 ribu ton. Lalu pada Maret 2024, tiba beras impor ke Sumut kurang lebih 20 ribu ton lagi.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya