Comscore Tracker

ODP Corona di Sumut Jadi 1.391 Orang, Masih Nekat ke Luar Rumah?

Pasien positif naik jadi 8 orang

Medan, IDN Times – Data perkembangan kasus COVID-19 atau corona di Sumut melonjak tinggi hingga Selasa (24/3). Peningkatan terjadi pada data Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 89 persen.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Riadil Akhir Lubis menjelaskan, jumlah OPD hari ini meningkat menjadi 1.391 orang. Berbeda dengan data hari sebelumnya yang masih berada di angka 763 orang.

1. PDP meningkat jadi 53 orang terbesar di 24 rumah sakit di Kabupaten/Kota

ODP Corona di Sumut Jadi 1.391 Orang, Masih Nekat ke Luar Rumah?IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) juga meningkat. Ada tambahan 3 orang. “Untuk PDP hari ini naik menjadi 53 orang. Kemarin masih 50 orang. Ini berada di 24 Rumah Sakit di 6 Kabupaten Kota, mulai dari Medan, Deli Serdang, Langkat, Toba Samosir dan Serdang Bedagai,” ungkap Riadil dalam konferensi pers yang ditayangkan channel Humas Sumut, Selasa (24/3) petang.

Jumlah sebaran ODP paling besar antara lain berada di Kota Medan, Deli Serdang, di Pematang Siantar, Asahan, Kota Binjai, Pakpak Bharat dan seterusnya.
Sementara itu, sampai hari ini kasus positif corona juga meningkat menjadi 8 orang. Satu di antaranya meninggal dunia. Artinya saat ini 7 pasien positif yang dirawat di RSUP H Adam Malik Medan.

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Positif Corona di Adam Malik Medan Jadi 8 Orang

2. PDP yang meninggal dunia Senin (23/3) pagi belum dimasukkan ke dalam data

ODP Corona di Sumut Jadi 1.391 Orang, Masih Nekat ke Luar Rumah?IDN Times/Khaerul Anwar

Untuk diketahui, sampai saat ini Pemprov Sumut belum memasukkan data PDP yang meninggal dunia pada Senin (23/3) pagi. Entah apa alasan pemprov Sumut belum memasukkan data itu. Meski pada hari sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Alwi Mujahit Hasibuan sudah menyebutkannya dalam konferensi pers. Gubernur Edy Rahmayadi juga membenarkan kasus pasien yang sempat di rawat di RS Siloam Medan itu. Meskipun kata Edy, pihaknya masih menunggu hasil uji lab Kementerian Kesehatan di pusat.

Sementara itu, jumlah PDP yang sudah dinyatakan COVID-19 jumlahnya juga meningkat menjadi 8 orang. Pada hari sebelumnya jumlah orang yang sembuh sebanyak 6 orang.

3. ODP harus mengisolasi diri dengan serius

ODP Corona di Sumut Jadi 1.391 Orang, Masih Nekat ke Luar Rumah?Seorang pria memakai masker saat berjalan melewati halte bus dengan tulisan langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Mumbai, India, Rabu (18/3/2020) (ANTARA FOTO/Francis Mascarenhas)

Pihak Pemprov Sumut berharap para ODP bisa melakukan isolasi diri dengan serius selama 14 hari. Pihaknya juga akan terus memantau perkembangan dari ODP.
“Kami terus melakukan tracing terhadap ODP lainnya untuk menekan angka persebaran corona,”pungkasnya.

Pihaknya terus mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah sampai masa pandemi corona ini berakhir. Dengan begitu, upaya penekanan angka penularan bisa terus ditekan.

Baca Juga: Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng, 2 WNA Langsung Berstatus ODP 

Topic:

  • Prayugo Utomo
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya