NasDem-Gerindra Koalisi Duetkan Rico-Zakiyuddin, Aulia Pindah Partai?

Aulia sebelumnya sebut kata 'ganti baju' dan ngotot maju 

Medan, IDN Times – Secara resmi, NasDem dan Gerindra berkoalisi pada pertarungan Pemilihan Wali Kota Medan pada Pilkada 2024. Rico Waas yang diusung NasDem dipasangkan dengan Kader Gerindra Zakiyuddin Harahap.

Terkait dukungan ini, Rico memohon doa dan dukungan untuk membangun Kota Medan ke arah yang lebih baik.

1. Sudah bicarakan visi dan misi untuk Kota Medan

NasDem-Gerindra Koalisi Duetkan Rico-Zakiyuddin, Aulia Pindah Partai?Rico Waas-Zakiyuddin Harahap (Dok. IDN Times)

Rico mengaku dia dan Zakiyuddin, sudah membicarakan visi dan misi untuk membangun Kota Medan.

"Banyak program dan visi yang akan kami sampaikan nanti, tapi tentunya kami hari ini memohon doa, tentunya agar pasangan ini dan koalisi ini berjalan baik, tanpa ada rintangan ke depan," ujar Rico saat konferensi pers di Hotel Grand Aston, Medan, Rabu (3/7/2024)  

Rico lalu mengatakan kalau dia dan Zakiyuddin berkomitmen saling mengisi kekurangan dalam membangun Kota Medan.  

"Kita saling mengisi kekurangan saling mengerti kekurangan dan mengisi apa apa yang kurang, mudah mudahan kita mendapat membangun (Kota Medan) dengan bersinergi antar partai ini kita saling mengisi, sehingga terciptalah Medan yang lebih baik di depan," ujarnya.

Sementara Zakiyuddin dalam kesempatannya mengatakan dukungan ini merupakan amanah dari partai. Dia pun siap berjuang memenangkan pemilihan walikota nanti bersama Rico Waas.

"Saya selaku yang ditunjuk Gerindra siap untuk memenangkan (Pilkada Medan), mempertahankan kan apa yang diperintahkan Partai Gerindra. Kami berdua dengan Rico Waas, sebagai calon walikota bergandeng tangan berjalan membangun Kota Medan jauh lebih baik ke depan," katanya

 

2. NasDem dan Gerindra mulai fokus bahas pemenangan

NasDem-Gerindra Koalisi Duetkan Rico-Zakiyuddin, Aulia Pindah Partai?Rico Waas bersilaturahmi ke Kantor PHDI Medan (Dok. IDN Times)

Sementara itu Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST mengatakan pihaknya akan fokus untuk membahas pemenangan.

"Kami juga sudah sepakat dengan bang Sugiat (Sekertaris DPD Gerindra) baik ditingkat DPW dan DPD kita akan intens melakukan komunikasi dan segera menyusun program kerja dalam rangka menyusun pemenangan pasangan kita," ujar Iskandar ST.

NasDem sendiri masih membuka peluang partai lain untuk berkoalisi dengan NasDem dan Gerindra. Hal senada juga disampaikan sekretaris DPD Gerindra Sumut Sugiat Santoso, dia mengatakan kalau koalisi ini terjalin atas koordinasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem dan Gerindra.

"Terkait bagaimana selanjutnya bagaimana koalisi ini dibangun, sampai memenangkan pertarungan Pilkada sudah kami bicarakan, nanti secara kontinyu kami akan melakukan pertemuan secara internal untuk mematangkan ini," ujarnya.  

3. Harapan Aulia Rachman pupus untuk didukung Gerindra

NasDem-Gerindra Koalisi Duetkan Rico-Zakiyuddin, Aulia Pindah Partai?Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Andi Rambe for IDN Times)

Deklarasi NasDem dengan Gerindra ini seolah membuat harapan Aulia pupus. Sebelumnya, Aulia sudah mendeklarasikan diri akan maju sebagai Calon Wali Kota Medan. Aulia merupakan Ketua DPD Gerindra Sumatra Utara.

"Dalam Pilkada Kota Medan nanti, insyaallah kita siap maju," kata Aulia Rachman di Medan, Rabu (3/7/2024).

Aulia meyakinkan bahwa ada partai atau perahu yang akan mendukungnya dalam perjalanan kampanye berkoalisi."Insya Allah pasti ada yang mendukung," kata Aulia.

Aulia pun menyampaikan sinyal untuk ‘ganti baju’ untuk maju dalam pertarungan. Meski dia tidak mendetail apakah ini merupakan sinyal dia akan pindah partai.

"Yang jelas, kita siap untuk berubah, jika memungkinkan sekarang kita siap ganti baju," tegas Aulia.

Baca Juga: Aulia Rachman Siap 'Ganti Baju' Jadi Wali Kota Medan di Pilkada 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya