Mudik Via Tol Trans Sumatra Habiskan Duit Rp728 Ribu

Total jarak yang ditempuh 743,6 km

Medan, IDN Times – Volume pemudik pada Idul Fitri 2024 diprediksi meningkat signifikan. Pada mudik kali iini semakin mudah dengan keberadaan operasional Jalan tol Trans Sumatra (JTTS).

PT Hutama Karya (Persero) memberikan panduan untuk pemudik yang akan menikmati layanan JTTS. Dalam panduan ini dilengkapi dengan sejumlah informasi penting yang akan memudahkan pemudik seperti peta Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), fasilitas, lokasi rest area, info call center, himbauan berkendara hingga info wisata, kuliner, hingga tarif tol Trans Sumatra.

1. Ada informasi berisi medan yang akan dilalui hingga tempat belanja oleh-oleh

Mudik Via Tol Trans Sumatra Habiskan Duit Rp728 Ribuilustrasi persiapan untuk perjalanan mudik (pexels.com/nappy)

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan buku panduan digital ini disiapkan bagi pemudik yang akan melintasi tol Trans Sumatra selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

“Semua informasi penting mengenai tol Trans Sumatera kami rangkum di panduan tersebut, pemudik dapat mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, sehingga dapat merasa aman dan nyaman berkendara. Termasuk informasi kuliner, oleh-oleh dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selama mudik,” terang Tjahjo dalam keterangan persnya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: 5 Aplikasi Cek Kemacetan dan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran

2. Ada penyesuaian tarif tol Bakauheni-Palembang

Mudik Via Tol Trans Sumatra Habiskan Duit Rp728 RibuRuas Tol Medan-Binjai di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). (dok. Hutama Karya)

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan agar pemudik juga mengetahui besaran tarif tol Trans Sumatera yang akan dilalui.

“Informasi besaran tarif menjadi hal penting, kami menghimbau kepada pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudiknya. Sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrian di gerbang tol,” imbuh Tjahjo.

Jika di total, tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp 410.000 untuk kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 1 yang dimaksud tersebut diantaranya mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus. Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol Bakauheni.

3. Total jarak yang ditempuh dari Banda Aceh hingga Lampung 743,6 km

Mudik Via Tol Trans Sumatra Habiskan Duit Rp728 RibuRuas Tol Medan-Binjai di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). (dok. Hutama Karya)

PT Hutama Karya pun sudah merincikan berapa kocek yang harus dihabiskan untuk melintas di JTTS mulai dari Banda Aceh hingga Lampung. Total jarak tol yang dilalui sekitar 743,6 km.

Berikut rincian perkiraan tarif lengkap Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh untuk kendaraan Golongan 1:

- Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar : (dikelola oleh PT BTB)

- Ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung : Rp 170.500

- Ruas Tol Kayu Agung - Kramasan : Rp 50.000 (dikelola oleh Waskita Toll Road)

- Ruas Tol Palembang Indralaya : Rp 27.000

- Ruas Tol Indralaya Prabumulih : Rp 85.000

- Ruas Tol Taba Penanjung - Bengkulu : Rp 22.000

- Ruas Tol Pekanbaru - Dumai : Rp 171.500

- Ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang : Rp 33.500

- Ruas Tol Indrapura - Limapuluh : Rp 20.500

- Ruas Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Tol Belmera : Rp 64.000 (dikelola oleh Jasa Marga)

- Ruas Tol Medan - Binjai: Rp 26.500 (dikelola oleh PT MBT)

- Ruas Tol Binjai - Stabat: Rp 15.000

- Ruas Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Blang Bintang) : Rp 42.500.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi. Untuk ruas tol Konstruksi 286,4 km dan 743,6 km ruas tol Operasi.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan – Binjai (17 km)*, Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2 – 6 (49 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi Binjai – Tanjung Pura (38 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17 km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), Tol Indralaya – Prabumulih (64 km), Tol Indrapura – Lima Puluh (15,6 km), Tol Tebing Tinggi – Indrapura (28,5 km)

Baca Juga: Reportase Lintas Sumatra: Menyusuri Mulusnya Tol Bangkinang-Pekanbaru

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya