Mau Pergi Mudik? Bisa Nih Titipkan Barang Berharga ke Polisi dan TNI

Dari mobil hingga barang berharganya, nanti didata

Medan, IDN Times – Warga Sumatra Utara yang ingin mudik ke luar kota, bisa mendapatkan layanan penitipan barang di kantor polisi terdekat. Pihak kepolisian akan memfasilitasi layanan penitipan ini.

Jadi ketika mudik, tidak was-was nih. Kendaraan atau barang berharga lainnya bisa dititipkan di kantor polisi. Ini dilakukan untuk menghindari upaya pencurian di dalam rumah yang ditinggalkan.

"Untuk tempat-tempat yang ditinggalkan mudik, apabila merasa kurang aman, bisa menitipkan kendaraan atau barang berharga ke Polsek," kata Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024, Rabu (3/4/2024).

1. Pasukan gabungan akan berpatroli

Mau Pergi Mudik? Bisa Nih Titipkan Barang Berharga ke Polisi dan TNIilustrasi mudik (freepik.com/freepik)

Kata Agung, selain layanan penitipan, pihaknya juga akan melakukan patroli gabungan bersama TNI dan Satpol PP. Mereka juga akan mendata rumah-rumah yang ditinggal mudik penghuninya.

"Tentu kami terutama Polsek akan mendata. Kami bersama dengan satpol PP, Babinsa akan menjaga rumah-rumah yang kosong," ujarnya.

Baca Juga: Jejak Internasional Terbongkar, Peredaran 20 Kg Sabu di Batam Diungkap

2. Damkar selalu disiagakan

Mau Pergi Mudik? Bisa Nih Titipkan Barang Berharga ke Polisi dan TNIIlustrasi mobil pemadam kebakaran. (Dok/Istimewa)

Selain itu, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sumut juga menyiagakan mobil-mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran di rumah yang ditinggal pemiliknya.

"Demikian juga kami menyiagakan pemadam kebakaran, bersama dengan pemerintah daerah. Kita ingin melayani dan ingin memastikan Pemda dan negara hadir untuk mengamankan masyarakat," kata Agung.

3. TNI juga siapkan tempat penitipan kendaraan

Mau Pergi Mudik? Bisa Nih Titipkan Barang Berharga ke Polisi dan TNIApel pasukan TNI pengamanan Pemilu 2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (1/2/2024) (dok. IDN Times/Istimewa)

Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hasan menyebut pihaknya juga akan menyiapkan tempat penitipan kendaraan dan barang berharga. Ini dilakukan jika nantinya lokasi di Polsek sudah padat.

"Selain mungkin khususnya di Kota Medan dan kota-kota besar apabila ada yang mau mudik, mungkin di polsek sudah penuh tempat untuk menitipkan kendaraan, silakan bisa dititipkan di ksatriaan-ksatriaan kita. Nanti akan kita bantu fasilitasi dan akan kita laporkan ke polsek terdekat bahwa ada masyarakat yang menitipkan kendaraan," ujar Hasan.

Kata hasan, pihaknya juga menyiapkan pos pos pada markas-markas di sepanjang rute mudik. Pos ini akan melayani masyarakat yang ingin beristirahat, berbuka puasa dan yang lainnya.

"TNI khususnya Kodam I/Bukit Barisan akan menempatkan di kesatriaan-kesatriaan kita di rute-rute mudik sebagai tempat beristirahat masyarakat. Jadi, apabila masyarakat memerlukan tempat untuk beristirahat, memerlukan pengobatan, logistik misalnya lapar di jalan pada saat sahur atau saat berbuka silakan mampir di pos-pos yang sudah kita siapkan di rute mudik. Jadi, dengan fasilitas seadanya tentu saja kami akan menyiapkan sebaik mungkin untuk masyarakat apabila memerlukan," pungkasnya.

Baca Juga: UIN Sumut Masuk 10 Besar Pendaftar Jalur SPAN-PTKIN Terbanyak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya