Masih Pandemik COVID-19, Pelajar Batubara Mulai Sekolah Tatap Muka

Sekolah menggunakan protokol kesehatan

Batubara, IDN Times -  Meski masih di tengah pandemik COVID-19 Pemerintah Kabupaten Batubara, Sumatra Utara sudah melakukan proses belajar mengajar tatap muka. Sudah 162 dari 354 sekolah yang menjalankan proses tatap muka mulai hari ini Senin (2/11/2020).

Ke-162 sekolah yang melaksanakan metode tatap muka terdiri dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam prosesnya, mereka menerapkan protokol kesehatan.

1. Sempat uji coba pada September lalu

Masih Pandemik COVID-19, Pelajar Batubara Mulai Sekolah Tatap MukaIlustrasi sekolah di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara awalnya telah melakukan uji coba proses belajar mengajar tatap muka di 23 sekolah pada pertengahan September 2020. Setelah dilakukan evaluasi, mereka memutuskan untuk memperluas metode itu ke sekolah yang lain.

Para guru dan penjaga sekolah harus menjalani rapid test. Begitu juga dengan keluarga  mereka.

“Rapid test ini dibiayai penuh Pemkab Batubara melalui Dinas Kesehatan. Yang di-rapid itu guru, penjaga sekolah, keluarga penjaga sekolah, dan keluarga guru. Semuanya dilakukan rapid oleh Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan,” papar Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara, Ilyas Sitorus, Senin (2/11/2020).

Baca Juga: Soal Macron, Gubernur Edy Marah dan Dukung Boikot Produk Prancis

2. Jam belajar dibagi ke dalam beberapa sesi

Masih Pandemik COVID-19, Pelajar Batubara Mulai Sekolah Tatap Mukaunsplash.com/priscilladupreez

Dalam prosesnya, pihak Dinas Pendidikan pun melakukan pembatasan. Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok belajar diberikan waktu selama 2 jam di dalam kelas.

Tatap muka itu pun dilakukan setelah orangtua memberikan izin. Jika tidak, siswa tetap harus belajar daring dan luring. Para guru juga tetap harus mengunjungi mereka.

Seluruh pelajar juga diwajibkan untuk selalu mencuci tangan selama di sekolah. Mereka juga harus mengenakan masker dan face shield.

3. Orangtua teken surat di atas materai

Masih Pandemik COVID-19, Pelajar Batubara Mulai Sekolah Tatap MukaIlustrasi Materai (Website/pajak.go.id)

Belajar tatap muka ini di antaranya dilaksanakan di SD Negeri 010185 Batu Bara. Sebagian siswa hadir langsung di sana. Orang tua siswa umumnya memberi izin anaknya untuk belajar tatap muka. Mereka telah memberikan surat izin di atas meterai.

“Yang mengizinkan 95 persen. Ada 5 persen yang tidak memberi izin, itu karena ada sakit anaknya, jadi tidak diizinkan. Bagi orang tua yang tidak mengizinkan anaknya tatap muka, tidak kami paksakan. Dalam kondisi itu belajar dari rumah kita terapkan. Guru terap memantau ke rumah murid,” kata Rahayu, Kepala SD Negeri 010185 Batu Bara.

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Batu Bara mencapai 186 kasus dengan 3 orang meninggal dunia. Sebanyak 39 orang di antaranya masih menjalani perawatan medis.

Baca Juga: Bukan Cuma Anjing, 11 Hewan Ini Bisa Mendeteksi Makhluk Halus

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya