Libur Nataru, 1.200 Pemudik di Sumut Gratis Pulang ke Kampung

Perjalanan yang dituju Sidikalang hingga Rantauprapat

Medan, IDN Times – Sebanyak 1.200 orang berangkat mudik dengan gratis. Mereka mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara.

Keberangkatan pemudik, dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin, dari Terminal Amplas, Kota Medan, Sabtu (23/12/20230).

1. Antarkan pemudik tujuan salak hingga Rantauprapat

Libur Nataru, 1.200 Pemudik di Sumut Gratis Pulang ke KampungPj Gubernur Sumut Hassanudin melepas 1.200 orang pemudik gratis, Sabtu (23/12/2023). (Dok Humas Sumut)

Rute mudik gratis Nataru kali ini melayani masyarakat yang akan pulang ke Kabanjahe-Pangururan, kemudian ke Kabanjahe-Sidikalang-Salak, dan terakhir ke Kisaran-Rantauprapat dengan mengendarai puluhan bus besar dan minibus.

Para peserta mudik gratis juga mendapat fasilitas berupa snack dan makan siang. Kata Hassanudin, mudik ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Jadi kita pesankan semoga kegiatan ini, dapat dengan lancar, aman dan segala sesuatu stakeholder terkait sudah mengantisipasi hal-hal kemungkinan ada kendala-kendala dan hambatan, sehingga tidak menghambat perjalanan mereka," tutur Hassanudin.

Baca Juga: Liburan Nataru, Ini 4 Tips Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh

2. Semua kendaraan yang membawa pemudik dipastikan dalam keadaan andal

Libur Nataru, 1.200 Pemudik di Sumut Gratis Pulang ke KampungIlustrasi persiapan mudik. (Dok. Istimewa)

Kata Hassanudin, semua persiapan mudik gratis itu sudah cukup baik. Kendaraan yang digunakan juga dalam keadaan andal.

“Saya mendapat laporan dari persiapan kendaraan, dari kesiapan pengemudi yang sehat, termasuk kelengkapan surat-surat, kita sudah lihat, termasuk tes urine dari para pengemudi, semuanya baik," ucap Hassanudin.

Atas berjalannya program mudik gratis Nataru ini, mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, bersyukur bisa membantu masyarakat, yang ingin merayakan Natal dan tahun baru di kampung halamannya, bersama keluarga tercinta.

3. Masyarakat antusias dapat fasilitas mudik gratis

Libur Nataru, 1.200 Pemudik di Sumut Gratis Pulang ke KampungProgram mudik gratis libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (dok. Kemenhub)

Sementara itu, Kadis Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan, mengungkapkan bahwa dalam program mudik Nataru gratis Pemprov Sumut itu, peserta tidak hanya dilepas begitu saja, namun dipastikan tiba di tempat tujuan.

"Kita memantau proses pengangkutan di mudik Nataru gratis ini. Sehingga kita bisa pastikan bahwa para driver tidak akan lalai dalam memberikan pelayanan. Intinya kita ingin agar peserta mudik aman dan nyaman sampai tujuan," jelas Agustinus.

Agustinus mengatakan pihak melihat antusiasnya masyarakat mengikuti mudik gratis Nataru tahun ini. Sehingga hal itu menjadi atensi untuk peningkatan layanan program serupa di tahun-tahun mendatang.

Salah satu peserta mudik gratis, Dedi Panggabean, mengaku senang disediakan fasilitas angkutan mudik Nataru. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut dan Dishub Sumut.

"Kami mewakili pemudik mengucapkan terima kasih kepada bapak Pj Gubernur dan jajarannya,” ungkapnya.

Baca Juga: Liburan Nataru, Ini 4 Tips Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya