Korsleting, SMP Negeri di Tanjung Balai Ludes Dilahap Si Jago Merah

Kerugian mencapai ratusan juta rupiah

Tanjung Balai, IDN Times – Api melahap habis bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara, Sabtu (28/9) petang. Sejumlah ruang kelas dikabarkan ludes.

Polisi sudah melakukan penyelidikan. Penyebab kebakaran dipastikan berasal dari korsleting atau arus pendek.  

1. Korsletting berasal dari salah satu ruang kelas

Korsleting, SMP Negeri di Tanjung Balai Ludes Dilahap Si Jago Merahshutterstock.com/NothingIsEverything

Kapolres Tanjung Balai AKBP langsung menurunkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk mengetahui penyebab kebakaran. Pihaknya memastikan korsletting berasal dari salah satu ruang kelas.

"Dari hasil penyelidikan tim Polres Tanjung Balai, penyebab kebakaran dari  arus pendek listrik yang berasal dari ruang kelas IX-9 SMPN 1 Tanjung Balai," kata Putu, Minggu (29/9).

2. Kebakaran terjadi saat seluruh pelajar sudah pulang

Korsleting, SMP Negeri di Tanjung Balai Ludes Dilahap Si Jago MerahIDN Times/Istimewa

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu. Karena kebakaran terjadi sekira pukul 18.00 WIB. Sehingga sekolah sudah kosong.

"Saksi mata mengatakan, api berasal dari kelas 9-9 yang persis berada di sebelah Mushola. Bahan bangunan 30 persen terbuat dari kayu membuat api dengan cepat menjalar ke ruang kelas  lainnya serta kantin," jelasnya.

3. Api berhasil dijinakkan setelah 45 menit

Korsleting, SMP Negeri di Tanjung Balai Ludes Dilahap Si Jago MerahPexels.com/pixabay

Pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian, harus berjibaku dengan api. Si Jago Merah berhasil dijinakkan setelah 45 menuit disiram.

"Hanya dalam tempo 45 menit, api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Pemkot Tanjung Balai yang menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran," ungkap Putu.

Kerugian materi akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. "Selain dua ruang kelas, ada 4 kantin dan sepada motor yang berada di sekitar gedung sekolah juga ikut terbakar," tambahnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya