Korban Kecelakaan Berat F1H2O akan Dievakuasi ke RSUP H Adam Malik

Sejumlah helikopter disiagakan

Medan, IDN Times – Gubernur Sumut Edy Rahmyadi mewanti – wanti soal evakuasi jika kelak ada pebalap F1H2O yang mengalami kecelakaan saat berkompetisi. Dia menekankan, Pemprov Sumut harus memberikan pelayanan terbaik kepada para tim yang akan bertanding pada akhir Februari 2023 mendatang.

Edy membayangkan bagaimana perahu berkecepatan 300 Km/jam melaju di atas Danau Toba. Dia ingin ada penanganan cepat jika terjadi kecelakaan hebat.

“Bisa dibayangkan naik seperti itu terus terguling. Air itu lebih keras dari batu. Tentara tahu itu.Jangan main main sama air. Kalau sudah bersatu dia. Ngamuk dia,” kata Edy dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan F1 Powerboat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jend Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (19/1/2023).

1. Penanganan medis serius akan dirujuk ke Medan

Korban Kecelakaan Berat F1H2O akan Dievakuasi ke RSUP H Adam MalikShaun Torrent dari Abu Dhabi Team. (dok. F1H2O Championship/F1H2O)

Kementerian kesehatan menunjuk Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) sebagai rujukan jika ada pebalap F1H2O yang mengalami kecelakaan berat. Hal itu, disampaikan oleh Kapolda Sumut Irjen Ridwan Zulkarnaen Panca Putra Simanjuntak.

Panca menjelaskan, pebalap akan dibawa ke RSUP H Adam Malik jika mengalami penanganan serius. Jika hanya mengalami luka ringan, akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

2. Evakuasi menggunakan helikopter

Korban Kecelakaan Berat F1H2O akan Dievakuasi ke RSUP H Adam MalikIlustrasi F1H20. (f1h2o.com/Vittorio Ubertone)

Kata Panca, evakuasi ke RSUP H Adam Malik akan menggunakan jalur udara dengan helikopter.

Ada sejumlah helikopter akan disediakan, seperti milik Mabes Polri, Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumut dan Basarnas. Lanjut, Panca mengungkapkan sejumlah titik helipad sudah disiapkan hingga Bandara Silangit Internasional Airport, di Kabupaten Tapanuli Utara.

Panca mengecek helipad menuju RSUP H Adam Malik, Kota Medan. Namun kata dia, jaraknya masih terlalu jauhd ari rumah sakit. Sehingga jika ada korban harus dievakuasi menggunakan ambulans.

"Kalau bisa helipad dekat dari rumah sakit Adam Malik, kemarin saya cek, masih jauh lokasi helipad," ucap Panca.

3. Ambulans akan diperbanyak di sekitar venue

Korban Kecelakaan Berat F1H2O akan Dievakuasi ke RSUP H Adam MalikKapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Panca meminta Pemprov Sumut, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut untuk menyiapkan ambulans lebih banyak lagi. Ambulans nantinya akan bersiaga di seputaran venue F1H2O.

"Saya akan mengecek dan melihat langsung nanti ambulans yang disiapkan. Sehingga persiapan dilakukan secara maksimal dan tepat," pungkas Panca.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya