Kombes Gidion Jadi Kapolrestabes Medan, Lama Berkarir di Sumut

Gidion gantikan Kombes Teddy Jhon Sahala Marbun

Medan, IDN Times – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengganti Kombes Teddy Jhon Sahala Marbun dari posisi Kaplrestabes Medan. Teddy Jhon digantikan Kombes Gidion Arif Setyawan.

Pergantian itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2098/IX/KEP/2024. Telegram itu ditandatangi oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo tertanggal 20 September 2024.

"Kombes Pol Dr Teddy Jhon Sahala Marbun Kapolrestabes Medan Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Madya TK I Sespimti Sespim Lemdiklat Polri," demikian isi surat telegram tersebut.

1. Kombes Gidion bukan nama baru di Sumut

Kombes Gidion Jadi Kapolrestabes Medan, Lama Berkarir di SumutKombes Gidion Arif Setyawan (Dok. IDN Times)

Penelusuran IDN Times, Kombes Gidion bukanlah nama baru di Sumatra Utara. Gidion pernah menduduki jabatan strategis di wilayah Polda Sumut.

Gidion merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1996. Perjalanan karir sebagai polisi di Sumut dimulai saat dia menjabat sebagai Kapolsek Pancurbatu.

Laki-laki kelahiran Juni 1975 ini punya spesialisasi di bidang reserse. Saat berpangkat Komisaris Polisi, dia pernah mengemban jabatan Kasat Reskrim Polrestabes Medan.

2. Pernah jadi Kapolres Dairi

Kombes Gidion Jadi Kapolrestabes Medan, Lama Berkarir di SumutKapolres Metro Jakarta Utara, Kombes. Pol. Gidion Arif Setyawan (Dok. Istimewa)

Gidion pernah ditunjuk menjadi Kapolres Dairi pada 2014-2015. Setelah dari Dairi, Gidion diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Banyumas.

Pada 2016, dia dipercaya menjadi Wadirresnarkoba Polda Metro Jaya hingga tahun 2017. Pada 2017-2019 Gidion menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Riau.

3. Dari Kapolres Jakarta Utara diterbangkan ke Medan

Kombes Gidion Jadi Kapolrestabes Medan, Lama Berkarir di SumutKombes Gidion Arif Setyawan (Dok. IDN Times)

Dari Riau, Gidion berpindah ke Polda Jatim dan menduduki posisi Dirreskrimum. Gidion menjabat sebagai Dirreskrimum Polda pada 2019. Di tahun yang sama dia diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim hingga tahun 2020.

Setelah itu, Gidion dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri hingga tahun 2021. Pada 2021, Gidion kembali dimutasi menjadi Kapolres Metro Bekasi.

Lalu, di tahun 2022, Gidion menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara hingga pada akhirnya ditunjuk untuk menggantikan Kombes Teddy sebagai Kapolrestabes Medan.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya