Keluarga Besan Jokowi Diusulkan Golkar Bertarung di Pilkada Tapsel

Doli Sinomba Siregar adalah paman Bobby Nasution

Tapanuli Selatan, IDN Times – Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution membulatkan tekadnya untuk maju dalam Pilwalkot Medan 2020 mendatang. Setelah Bobby, kini giliran pamannya Doli Sinomba Siregar yang digadang-gadang akan maju dalam Pilkada Tapanuli Selatan.

Doli Sinomba Siregar menambah daftar keluarga besan Jokowi yang maju untuk merebut kursi pimpinan daerah. Sebelumnya, Inge Amelia Nasution, kakak kandung Bobby Nasution juga dikabarkan akan maju dalam Pilkada Simalungun.

1. Nama Doli diproses untuk diusulkan ke Golkar pusat

Keluarga Besan Jokowi Diusulkan Golkar Bertarung di Pilkada TapselDoli Sinomba Siregar (kanan)menemani Menantu Jokowi, Bobby Afif Nasution mengembalikan formulir bakal calon Wali Kota Medan beberapa waktu yang lalu (IDN Times/Prayugo Utomo)

Doli Sinomba Siregar digadang-gadang menjadi Bakal Calon Bupati di Tapanuli Selatan yang akan diusung Golkar. Bukan hanya Doli, Golkar juga mengusulkan nama Muhammad Yusuf Siregar.

Kemudian ada tiga nama yang juga diusulkan partai berlambang beringin itu untuk mengisi bakal calon wakil bupati. Ketiganay adalah Rahmat Nasution, Rasyid Assaf Dongoran dan Muslim Pasaribu.

Seluruh nama diusulkan disampaikan ke DPD Golkar Sumut untuk diproses dan dilanjutkan ke DPP Golkar di Jakarta. "Penetapan kelimanya sesuai hasil rapat pleno Partai Golkar Tapanuli Selatan diperluas pada, Minggu 15 Desember 2019. Setelah masa pendaftaran ditutup pada 13 Desember 2019," ungkap Sekretaris Tim Pemilukada DPD Partai Golkar Tapanuli Selatan M Sunhaji, Senin (16/12).

Baca Juga: Akan Maju Jadi Wali Kota Medan, Bobby Nasution Dilirik Nasdem

2. Bakal jalani uji kepatutan di tingkat provinsi

Keluarga Besan Jokowi Diusulkan Golkar Bertarung di Pilkada TapselIDN Times/Prayugo Utomo

Sunhaji menjelaskan jika proses penjaringan sudah selesai dilakukan di tingkat kabupaten. Nantinya tim dari Sumut akan melakukan uji kepatutan (fit and proper tes).

“Tim Pilkada Golkar Provinsi Sumut akan melakukan seleksi (fit and propertes) kelima balon bupati dan balon wakil bupati yang sesuai jadwal Januari 2020," sebut Sunhaji.

3. Nama Doli menunggu keputusan Golkar pusat

Keluarga Besan Jokowi Diusulkan Golkar Bertarung di Pilkada Tapsel

Nantinya, nama-nama yang digodok di provinsi akan diserahkan ke DPP Golkar. Keputusan akan diketahui pada Febuari 2020.

"Tim Pilkada Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara di Januari juga akan melakukan survey balon tahap I serta melakukan komunikasi tahap lanjutan dengan parpol lain katanya," pungkasnya.

Baca Juga: Disebut Maju karena Jokowi, Bobby Nasution: Dinasti Politik untuk Apa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya