Kebakaran Rumah Wartawan Karo, Sudah 16 Saksi Diperiksa Polisi

Rumah terbakar setelah santer beritakan perjudian

Karo, IDN Times -  Polisi terus melakukan penyelidikan kasus terbakarnya rumah wartawan Sempurna Pasaribu di Kabupaten Karo pada Kamis (27/6/2024) lalu. Kebakaran itu menewaskan Sempurna dan tiga anggota keluarga lainnya; Efprida br Ginting (48) (istri), Sudi Investigasi Pasaribu (12) (anak) dan Loin Situngkir (3) (cucu).

Kebakaran itu terjadi di jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

1. Polisi sudah memeriksa 16 orang saksi

Kebakaran Rumah Wartawan Karo, Sudah 16 Saksi Diperiksa PolisiRumah milik Sempurna Pasaribu rata dengan tanah setelah terbakar pada Kamis (27/6/2024) dinihari. (Istimewa)

Penjabat Sementara (Pjs) Kapolres Karo AKBP Oloan Siahaan menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya penyelidikan. Mulai dari olah TKP, pengumpulan barang bukti dan mendatangkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumut.

Polisi juga sudah memeriksa 16 saksi. “Saksi kunci 5 orang, pertama kali menemukan terjadi kebakaran tersebut," jelas Oloan, Minggu (30/6/2024).

2. Semua keterangan sedang dikumpulkan

Kebakaran Rumah Wartawan Karo, Sudah 16 Saksi Diperiksa PolisiMarson Pasaribu adik kandung Sempurna (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kata Oloan, pihaknya tengah mengumpulkan semua keterangan. Mulai kronologi awal hingga proses evakuasi jenazah korban.

"Kemudian, Satreskrim Polres Tanah Karo sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Baik yang melihat pertama kali kejadian, maupun saksi keluarga dan saksi kunci lainnya, untuk membantu kita dalam penyelidikan dan pendalaman kasus ini," jelas Oloan.

3. Korban sempat beritakan perjudian diduga dikelola aparat militer

Kebakaran Rumah Wartawan Karo, Sudah 16 Saksi Diperiksa PolisiUnsplash.com/Michał Parzuchowski

Beredar informasi jika rumah Sempurna dibakar oleh orang tidak dikenal (OTK). Sebelum kebakaran itu, korban memang menulis berita dugaan perjudian yang dikelola aparat militer.

Menyikapi isu tersebut, Oloan mengatakan pihaknya masih fokus terkait penyelidikan penyebab kebakaran rumah tersebut. "Isu berkembang kami masih dalami kasus kebakaran terjadi ini. Kami imbau masyarakat percayakan proses penyelidikan kepada kami. Jangan terprovokasi ikut menyebarkan isu-isu yang belum jelas kebenarannya," kata Oloan.

"Kita menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik Polda Sumut, sudah mengambil barang bukti dan sampel-sampel sisa kebakaran, dan jasad korba dari kamar jenazah RS Bhayangkara, juga diambil sempel untuk dilakukan pemeriksaan secara laboratorium," ujar Oloan.

Baca Juga: Kebakaran Rumah Wartawan di Karo Diselidiki, Jasad Diautopsi di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya