Karnaval 17 Agustus, Ada Tank Hingga Kapal Selam di Deli Serdang

Kreatifnya dusun-dusung meriahkan hari kemerdekaan

Deli Serdang, IDN Times – Karnaval menjadi bagian penting pada saat perayaan hari kemerdekaan, 17 Agustus. Meski pun, sudah tak banyak seperti 17-an tahun-tahun sebelumnya, masih ada masyarakat yang menggelarnya.

Di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, masyarakat menggelar karnaval kemerdekaan. Tepatnya warga Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan.

1. Warga bikin pawai kebudayaan dan kendaraan hias

Karnaval 17 Agustus, Ada Tank Hingga Kapal Selam di Deli SerdangKarnaval 17 Agustusan di Kampung Kolam, Deli Serdang (dok.istimewa)

Dalam memeriahkan hari kemerdekaan, warga Desa Kolam menggelar karnaval kebudayaan dan pawai kendaraan hias. Acara ini mendapat sambutan dan antusias dari ribuan masyarakat di sana.

Masing-masing dusun yang ada di desa itu menampilkan kreatifitas beragam. Mulai dari pawai pakaian bertema perjuangan dan adat hingga kendaraan berhias macam-macam.

2. Ada kapal selam hingga burung garuda

Karnaval 17 Agustus, Ada Tank Hingga Kapal Selam di Deli SerdangKarnaval 17 Agustusan di Kampung Kolam, Deli Serdang (dok.istimewa)

Dari informasi yang dihimpun, di lokasi, warga menampilkan pawai dari reog hingga kendaraan yang dihias seperti tank.

Ada juga yang menghias kendaraan dengan model kapal selam hingga replika burung garuda.

3. Ada 13 dusun yang terlibat di dalam karnaval

Karnaval 17 Agustus, Ada Tank Hingga Kapal Selam di Deli Serdangilustrasi 17 Agustus (unsplash.com/ James Tiono)

Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kolam Deliserdang, Zulkarnain Siregar, mengatakan bahwa karnaval ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus.

"Namun, tahun ini acara ini dibuat lebih besar dan lebih meriah dari tahun sebelumnya," katanya.

Zulkarnain mengungkapkan bahwa dalam acara karnaval dan pawai budaya ini diikuti 13 dusun. Di "Kegiatan ini diikuti oleh 13 dusun dan kami menyampaikan informasi kepada kepala dusun untuk mengkoordinasi warganya agar bisa berpartisipasi dengan kreatifitas mereka," ungkap Zulkarnain.

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut dalam karnaval ini, Bella Puspita merasa bangga bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Menurutnya, karnaval tahun ini adalah bentuk partisipasinya dalam merayakan HUT ke-79 RI.

"Saya sangat bangga ikut dalam karnaval tahun ini sebagai bentuk ikut serta merayakan HUT ke-79 RI," ucapnya.

Baca Juga: 5 Ide Lomba Anti Mainstream untuk Meriahkan 17 Agustus, Dijamin Seru!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya