Jenazah di Bandara Kualanamu, Menanti Hasil Penyelidikan Polda Sumut

Sudah 16 saksi diperiksa

Medan, IDN Times – Kasus kematian Asiah Sinta Dewi Hasibuan (43) yang semula ditangani Polresta Deli Serdang ditarik ke Polda Sumut. Tim dari Polda Sumut akan mengusut penyebab pasti mengapa Asiah bisa jatuh dari lift di Bandara Kualanamu Deli Serdang, 24 April 2023 lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Hadi Wahyudi menjelaskan, Polda Sumut mengambil alih kasus, sejak Selasa 2 Mei 2023. Pihaknya membentuk tim gabungan yang terdiri dari, Direktorat Reserse Kriminal Umum, Laboratorium Forensik dan Sat Reskrim Polresta Deli Serdang.

“Tim saat ini sedang bekerja, baik olah TKP maupun pemeriksaan terhadap penanggungjawab dan pengelola Bandara Kualanamu maupun saksi-saksi lain," ujar Hadi, Kamis (4/5/2023).

1. Sudah 16 saksi diperiksa polisi

Jenazah di Bandara Kualanamu, Menanti Hasil Penyelidikan Polda SumutPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kata Hadi, sampai hari ini pihaknya sudah memeriksa 16 saksi dari berbagai pihak.

"Termasuk hari ini diagendakan pemeriksaan pengelola operasional lift Bandara Kualanamu. Penyelidikan kita berdasarkan temuan jenazah pada beberapa waktu lalu," tutur Hadi.

Baca Juga: Jenazah di Lift Kualanamu, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian

2. Tim Labfor sudah melakukan olah TKP

Jenazah di Bandara Kualanamu, Menanti Hasil Penyelidikan Polda SumutWarga melintas di depan lift yang memakan korban di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (3/5/2023). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Sebelumnya, Tim Laboratorium Forensik juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Tim menganalisa seluruh komponen lift. Baik kedua sisi pintu lift, tombol-tombol di dalam lift hingga tombol di luar lift. Satu persatu tombol cek.

Mereka juga melihat celah tempat Asiah terjatuh. Kapolda Sumutr Irjen Panca Putra Simanjuntak juga sempat mempertanyakan soal keberadaan celah itu.

3. Ombudsman RI panggil pengelola bandara

Jenazah di Bandara Kualanamu, Menanti Hasil Penyelidikan Polda SumutPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Utara melakukan sidak ke Kualanamu beberapa waktu lalu. Mereka menemukan dugaan kelalaian pihak bandara yang menyebabkan Asiah jatuh dari lift.

Belakangan Ombudsman memanggil pihak Otoritas Bandara Udara Wilayah II Medan dan PT Angkasa Pura Aviasi (APA). Ombudsman ingin mengetahui sejauh mana pelayanan yang dilakukan di Kualanamu.

Abyadi menjelaskan Ombudsman bertugas mengawasi pelayanan publik. Sehingga dalam kasus kematian pengunjung tersebut. Nantinya, pihak Ombudsman Sumut, nanti akan melihat prespektif pelayanan publik.

"Kewajiban itu, sudah mereka lakukan atau tidak. Justru mereka lalai dalam menjalankannya, sehingga menyebabkan orang meninggal. Untuk mengetahui itu, Ombudsman sidak ke Bandara Kualanamu. Kita juga akan melihat regulasi, soal pelayanan publik di Bandara Kualanamu. Kita akan kaji laporan itu, endingnya adalah Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP)," jelas Abyadi.

Baca Juga: Perempuan Tewas di Lift, 5 Petugas Bandara Kualanamu Dinonaktifkan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya