Jalur Tapsel – Madina Putus Dihantam Luapan Sungai Malombu

Cuma kendaraan roda dua yang bisa melintas

Tapanuli Selatan, IDN Times – Ruas jalan lintas Kabupaten Tapanuli Selatan menuju Mandailingnatal terputus di jalur Pantai Barat. Jalur lintas yang ada di Desa Perkebunan Batangtoru, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuliselatan itu amblas, Selasa (14/11/2023).

1. Jalan amblas karena derasnya air Sungai Malombu

Jalur Tapsel – Madina Putus Dihantam Luapan Sungai Malombupotret fasilitas unik di pusat perbelanjaan (reddit.com/user/Massimo25ore)

Penyebab amblasnya jalan diduga karena dihantam derasnya air sungai Malombu yang berada di samping jalan. Amblasnya jalanan membuat kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

"Hanya, kenderaan roda dua saja yang bisa melintas dan harus ekstra hati-hati," terang Kapolsek Batang Toru, AKP Tona Simanjuntak, Rabu (15/11/2023).

2. Arus lalu lintas dialihkan ke jalur lain

Jalur Tapsel – Madina Putus Dihantam Luapan Sungai MalombuIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, kawasan Tapanuli Selatan diguyur hujan deras. Air pun meluap disungai Malombu.

Saat ini arus lalu lintas dialihkan melalui Desa Bandartarutung menuju Desa Segala-gala dan kembali menuju jalur utama menuju Batangtoru.

Kata Tona, saat ini jalur lintas Tapsel-Madina tetap lancar. “Distribusi bahan pokok ke desa yang berada di kawasan masih lancar,” katanya.

3. Masih berupaya buka akses jalur yang amblas

Jalur Tapsel – Madina Putus Dihantam Luapan Sungai Malombuilustrasi ekskavator sedang beroperasi (pexels.com/Anamul Rezwan)

Saat ini, kepolisian tengah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan pihak terkait lainnya. Pembukaan jalur sementara tengah diupayakan.

Pihaknya, juga meminta izin ke Manager PTPN III Hapesong, untuk mengikis dinding Tebing di Lahan Kebun. Dengan tujuan, untuk membuka akses jalan sementara agar tidak terjadi kemacetan.

"Kami menghimbau ke masyarakat, khususnya warga Desa Hapesong Baru dan sekitarnya yang bermukim di tepi Sungai Malombu, agar tetap waspada. Terutama, akan luapan air besar yang bisa menyebabkan banjir bandang," pungkasnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya