Ikuti Google Maps, Pemotor Asal Aceh Nyasar Masuk ke Jalan Tol

Pemotor masuk dari celah gerbang tol

Medan, IDN Times – Seorang pengendara sepeda motor masuk ke dalam Tol Belawan – Medan – Tanjungmorawa (Belmera) Jumat (5/4/2024). Aksi pemotor ini terekam kamera pengguna tol lainnya.

Salah satu video menunjukkan pemotor itu terekam di KM 40 tol Belmera. Dia berada di tepi jalan tol. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

1. Pemotor diduga masuk dari celah gerbang tol Amplas

Ikuti Google Maps, Pemotor Asal Aceh Nyasar Masuk ke Jalan TolInterchange Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura. (dok. Hutama Karya)

Manajemen Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division mengonfirmasi peristiwa tersebut. Marketing and Communication Department Head  Herald Galingga  mengatakan, pihaknya langsung menindak pemotor tersebut

Kata Herald, sepeda motor dengan Nomor Polisi BK 5069 SAJ tersebut masuk dari Gerbang Tol (GT) Amplas, Kota Medan.

“Pemotor diduga masuk dari celah yang ada di Gerbang Tol Amplas,” kata Herald kepada IDN Times, Jumat petang.

2. Pemotor diarahkan Google Maps masuk ke dalam tol

Ikuti Google Maps, Pemotor Asal Aceh Nyasar Masuk ke Jalan TolGerbang Tol Tebing Tinggi. (dok. Jasamarga Nusantara Tollroad)

Peristiwa itu, lanjut Herald dalam keterangan tertulis, dilaporkan pengguna tol lainnya kepada petugas. Pihaknya kemudian memandu pemotor ke luar dari gerbang tol Kualanamu di Kabupaten Deliserdang.

Pemeriksaan petugas jalan tol menyebut jika pemotor itu masuk ke dalam ruas Belmera karena diarahkan aplikasi google Maps. Dia diduga tidak mengubah pengaturan penunjuk arah menjadi sepeda motor, sehingga aplikasi mengarahkannya ke dalam gerbang tol.

“Berdasarkan pengakuan, pengguna kendaraan roda tersebut mengikuti panduan google maps karena belum memahami jalan sekitar dan merupakan pendatang baru dari Aceh,” katanya.

3. Pemotor masuk tol sudah beberapa kali terjadi di Belmera

Ikuti Google Maps, Pemotor Asal Aceh Nyasar Masuk ke Jalan TolProyek ruas tol Indrapura-Kisaran di Tol Trans Sumatra. (dok. Hutama Karya)

Setelah ditangani, petugas melakukan pengecekan kelengkapan surat-surat sepeda motor yang digunakan. Itu dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan pencurian yang lari ke jalur tol.

“Pengendara juga diberikan edukasi tentang jalan tol dan membuat surat pernyataan agar tidak mengulang kembali perbuatannya,” pungkasnya.

Catatan IDN Times, bukan kali ini saja ada pemotor yang masuk ke dalam ruas Belmera. Pada 2019, pemotor yang berboncengan diketahui masuk ke dalam ruas Belmera di kawasan Bandar Selamat. Mereka memacu kendaraan di antara mobil yang juga melaju kencang. Pada November 2017, pengendara motor juga terekam masuk ke dalam Tol Belmera. Pengendara yang berboncengan itu juga nekat menyalip mobil yang melaju kencang.

Baca Juga: Terungkap, Tahanan Polsek Bukit Raya Tewas Usai Disiksa Rekan Satu Sel

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya