Harkitnas 2022, Gubernur Edy: Momentum Bangkitkan Ekonomi Sumut

COVID-19 mereda, Sumut berada dalam kondisi baik

Medan, IDN Times - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang digelar di Lapangan Benteng Medan, Jumat (20/5/2022). Dalam momentum ini dianggap sebagai langkah membangkitkan perekonomian, seiring menurunnya penularan COVID-19.

Upacara tersebut dihadiri unsur Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin, dan Wakil Walikota Medan Aulia Rachman. Serta diikuti ratusan personel lintas instansi.

1. Momentum ini dinilai membawa nilai optimis bangkitnya perekonomian masyarakat

Harkitnas 2022, Gubernur Edy: Momentum Bangkitkan Ekonomi SumutGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Menurut Edy pada momentum ini, ada hal menjadi catatan baik bahwa selama masa pandemik COVID-19 melanda dunia sejak 2020 lalu, kondisi sekarang membawa nilai optimis bangkitnya perekonomian masyarakat.

Dalam pidato Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Jhonny G Plate, yang dibacakan Gubernur, menyebutkan bahwa tema 'Ayo Bangkit Bersama' sebagai seruan kepada seluruh anak bangsa melalui telaah sejarah di balik peringatan Harkitnas yang ditetapkan 20 Mei 1948 oleh Presiden Soekarno.

"Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionelisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia memertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa," sebut Menteri dalam pidatonya.

Sehingga, diharapkan semangat Boedi Oetomo relevan untuk diaktualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Apalagi seluruh elemen, tengah berupaya mendorong pemulihan ekonomi nasional, sehingga memerlukan kesatuan dan persatuan yang kuat.

Baca Juga: AHY Tegaskan Demokrat Siap Dukung Edy Rahmayadi Lanjut 2 Periode

2. Diakui Sumut berada dalam kondisi baik penanganan COVID-19 pada 3 bulan terakhir

Harkitnas 2022, Gubernur Edy: Momentum Bangkitkan Ekonomi SumutGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa saat ini Sumut berada dalam kondisi yang baik dari segi penanganan COVID-19, dikarenakan angka penularan semakin menurun. Terutama tiga bulan terakhir.

"Bangkit bersama untuk melawan kezaliman. Saat itu Belanda akan datang lagi untuk menguasai Republik Indonesia, di situlah Boedi Utomo mengajak kaum muda, mahasiswa semuanya untuk bersatu meyakinkan bahwa tujuan nasional harus berjalan," kata Edy.

3. Edy ajak seluruh masyarakat Sumut harus terlibat aktif mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945

Harkitnas 2022, Gubernur Edy: Momentum Bangkitkan Ekonomi SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima audiensi pengurus Asosiasi Pastoral Indonesia Sumut di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (31/3/2022). (Dok Pemprov Sumut)

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat di Sumut harus terlibat aktif mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa, menyejahterakan kehidupan bangsa dan ikut serta menjaga perdamaian dan ketertiban dunia," pungkasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya