Hari Sumpah Pemuda 2021, Upaya Kampung Sejahtera Berbenah

Dulunya kampung ini menjadi sarang narkoba

Medan, IDN Times – Anak – anak kecil berbaju tradisional dari sejumlah etnis di Indonesia tampak semangat saat memberi hormat kepada bendera merah putih di tengah lapangan serbaguna, Kampung Sejahtera, Kecamatan Medan Petisah, Medan, Kamis (28/10/2021). Begitu juga dengan para remaja hingga orangtua yang juga memakai kostum rupa warna.

Upacara bendera dilakukan sebagai bentuk peringatan Hari Sumpah Pemuda. Upacara dipimpin oleh Camat Medan Petisah Muhammad Agha Novrian.

Semua tertib saat mengikuti upacara. Sesudah barisan dibubarkan, anak-anak dengan semangat menyanyikan, lagu-lagu nasional. Tentunya sambil menyempatkan diri berpose di depan kamera awak media.

Dulunya, Kampung Sejahtera bernama Kampung Kubur. Mendengar Kampung Kubur, siapa yang tidak kenal. Berulang kali digerebek polisi karena menjadi sarang narkoba, salah satu yang terbesar di Kota Medan.

Namun kini, Kampung Kubur sudah banyak berbenah. Seiring bergantinya nama, semakin baik pula imej kawasan itu.

1. Kampung Sejahtera merubah diri dengan berbagai kegiatan positif

Hari Sumpah Pemuda 2021, Upaya Kampung Sejahtera BerbenahPeringatan Hari Sumpah Pemuda di Kampung Sejahtera, Kamis (28/10/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar, hanyalah satu dari sekian banyak kegiatan di Kampung Sejahtera. Perubahan Kampung Kubur sendiri diinisiasi oleh Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS). Paguyuban ini mendapat begitu banyak dukungan dari berbagai pihak. Baik pemerintah hingga swasta.

“Kita pemuda-pemudi disini bersatu, menyatukan visi dan misi untuk melakukan pembenahan di kampung ini,” kata Aminurasid, Ketua P3KS.

Kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, diisi dengan donor darah, pertunjukan baju tradisional, bazar makanan tradisional hingga aksi bersih sungai.

2. Pembenahan lingkungan juga menjadi fokus P3KS

Hari Sumpah Pemuda 2021, Upaya Kampung Sejahtera BerbenahPeringatan Hari Sumpah Pemuda di Kampung Sejahtera, Kamis (28/10/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kampung Sejahtera letaknya tepat di tepi Sungai Babura. Selama ini, jika hujan deras, Kampung Sejahtera akan banjir. Dari sini, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan mulai tumbuh. Melalui P3KS, Kampung Sejahtera selalu menggelar kegiatan bersih-bersih sungai. Selain itu, mereka terus melakukan penyadartahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Para pemuda dan anak-anak di sana juga terus dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari pelatihan panjat tebing, kesenian dan masih banyak lagi lainnya.

Rasid yang juga seorang jurnalis di salah satu media televisi nasional, memanfaatkan jaringannya untuk sama – sama terlibat dalam pembenahan Kampung Sejahtera.

“Kita berharap, kampung ini bisa benar-benar menjadi kawasan yang lebih baik lagi. Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa kita juga bisa berubah. Kita menunjukkan dengan berbagai kreatifitas kita,” kata Rasid.

3. P3KS tidak bosan mengajak masyarakat untuk membenahi Kampung Sejahtera

Hari Sumpah Pemuda 2021, Upaya Kampung Sejahtera BerbenahPeringatan Hari Sumpah Pemuda di Kampung Sejahtera, Kamis (28/10/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Rasid mengakui, selama ini  masyarakat begitu antusias dengan perubahan yang ada. Mereka juga terus mengajak masyarakat lainnya untuk sama – sama membenahi Kampung Sejahtera.

Perlahan tapi pasti, Rasid percaya perubahan bisa dilakukan. “Di Hari Sumpah Pemuda ini, kami mengajak seluruh pemuda – pemudi di Kampung Sejahtera  untuk menjadi agen perubahan. Alhamdulillah sampai saat ini perubahannya cukup signifikan. Sudah menurun peredaran narkoba di sini. Karena kita mencoba mengajak para pemuda di Kampung Sejahtera untuk menjadi lebih baik. Kita libatkan mereka dalam berbagai kegiatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Medan Petisah Agha Novrian juga mengapresiasi kegiatan P3KS. Dia juga turut mendukunganya. Ke depan, dia berharap, P3KS bisa lebih mandiri dan menghasilkan dampak positif.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa menggugah para pemuda bisa terus berkreasi. Hingga bisa menimbulkan sesuatu yang dapat nilai lebih dan nilai ekonomis,” pungkasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya