Gubernur Edy Minta SKK Migas dan KKKS Maksimal untuk Pemenuhan Energi

Salah satunya soal pemenuhan energi di Sumut

Medan, IDN Times - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi ditemui oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) di kantornya, Kamis (13/1/2022).

Edy meminta kedua lembaga itu untuk dapat bekerja dengan maksimal dalam pemenuhan energi, khususnya di Sumut.

1. Pemenuhan energi harus digeber supaya investor tidak enggan masuk ke Sumut

Gubernur Edy Minta SKK Migas dan KKKS Maksimal untuk Pemenuhan EnergiPT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil memproduksi listrik dari sumber energi bersih atau energi terbarukan sebesar 4.618 Giga Watt Hour sepanjang tahun 2020. (Dok. Pertamina)

Kata Edy, Migas adalah kebutuhan masyarakat dan industri. Defisit energi ini akan membuat investasi terhambat. Investor urung masuk ke Sumut karena defisit energi.

"Inilah yang perlu kita cari solusi (terkait masalah energi), untuk mengatasi ini, dan saya minta apa yang bisa dilakukan cepat kenapa harus diperlambat. Apa yang Sumut bisa lakukan segera komunikasikan dengan saya untuk mempercepat pemenuhan energi ini," ucap Edy Rahmayadi.

Baca Juga: Kasus Edy Jewer Pelatih, Pemprov Sumut Jawab Somasi Pelatih Biliar

2. Edy juga mengingatkan soal penyaluran CSR untuk masyarakat

Gubernur Edy Minta SKK Migas dan KKKS Maksimal untuk Pemenuhan Energi-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan SSK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara Rikky Rahmat Firdaus beserta jajaran di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro 30 Medan, Kamis (13/1/2022). (Veri Ardian/Diskominfo Sumut))

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga mengingatkan SKK Migas dan KKKS Sumbagut untuk lebih perhatian dengan warga sekitar tambang.

Khususnya dengan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR), yang nantinya penyaluran ini dapat berkoordinasi dengan Pemprov Sumut.

3. Berikut paparan SKK Migas terkait aktivitas di Sumut selama 2022

Gubernur Edy Minta SKK Migas dan KKKS Maksimal untuk Pemenuhan EnergiIlustrasi pekerja di sektor migas (Dok. SKK Migas)

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus kesempatan itu memaparkan tahun 2022 untuk pengeboran dan seismik di wilayah Sumbagut sebanyak 563 sumur, termasuk di Sumut ada dua sumur eksploitasi di daerah Pangkalan Susu dan EMP Gebang. Kemudian tiga sumur eksplorasi di daerah Pangkalan Susu, EMP Tonga dan Bukit Energi Bahorok.

"Statusnya masih dalam pengembangan, masih menunggu rekomendasi penggunaan kawasan hutan, dan proses persetujuan penggunaan kawasan hutan dan AMDAL dari KLHK serta reklamasi dari KKP," ucap Rikky Rahmat Firdaus.

Rikky menjelaskan, skenario pengembangan lapangan nantinya adalah produksi dari sumur-sumur pengembangan di lapangan central Secanggang dialirkan menuju Secanggang Gas Plant (SCGP) untuk proses separasi dan pengolahan. Gas hasil pengolahan kemudian dialirkan menuju titik titik dengan Pipa Arun Belawan.

Baca Juga: Harga Batu Bara dan Migas Masih Tinggi Hingga Tengah Tahun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya