Gempa Magnitudo 5,0 Getarkan Nias Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Getaran dirasakan seperti truk yang melintas

Nias Utara, IDN Times – Gempa bumi menggetarkan kawasan Kabupaten Nias Utara, Sumatra Utara, Kamis (11/5/2023) malam. Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa mencapai magnitudo 5,0.

Gempa terjadi sekitar pukul 21.35 WIB. Titiknya berada 65 Km arah Barat Daya Nias Utara. Kedalaman gempa tercatat 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.  

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Kamis malam.

Gempabumi dirasakan juga di Gunungsitoli dengan skala intensitas II-III MMI. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk yang melintas,” sambungnya.

Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa. Dari hasil pemodelan BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 22.05 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya