Gedung Warenhuis Akan Direvitalisasi, Ini Komentar Keluarga Pemilik

Ahli Waris apresiasi langkah Wali Kota Bobby Nasution

Medan, IDN Times – Wacana Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution akan merevitalisasi kawasan Kota Tua Kesawan disambut baik oleh keluarga ahli waris Gedung Warenhuis. Ismael yang merupakan keponakan Maya Seminole Pulungan, putri almarhum G Dalip Singh Bath pemilik gedung mendukung langkah menantu Presiden Joko Widodo itu.

Ismael yang kini berada di Denmark, mengakui jika gedung bekas supermarket pertama di Kota Medan itu tengah menjadi pembahasan sebagian masyarakat dan pemerintah kota. Gedung Warenhuis terletak di kawasan Kesawan. Tepatnya Jalan Ahmad Yani VII-Hindu Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat. Bangunan itu sebelumnya menjadi objek  sengketa kepemilikan. Tersiar kabar bahwa ahli waris Warenhuis telah mendapatkan keputusan pengadilan sampai tingkat MA.

1. Warenhuis diklaim sebagai aset PT ODB

Gedung Warenhuis Akan Direvitalisasi, Ini Komentar Keluarga PemilikIDN Times/Prayugo Utomo

Ismael pun menguatkan jika Warenhuis adalah bangunan yang tidak terpisahkan dengan aset  lainnya milik PT Oscar Deli of Medan Bioscope (ODB Medan). Baik itu, Horas Bioskop, ataukah Deli Bioskop ataukah Medan Bioskop, ada City Bioskop dan ada juga Metro Bioskop di Kampung Madras pada zaman itu.

"Jadi  semuanya merupakan satu kesatuan," kata Ismael dalam keterangan resminya yang diterima, Minggu (21/3/2021)

Saat ini, para ahli waris baik dari generasi kedua dan ketiga, tengah melakukan persiapan pengurusan. Apalagi masalah ini sudah terjadi sejak 1980-an.

"Secara dokumen kepemilikan, ada begitu banyak arsip-arsip dokumen dan lain-lain, yang telah kami serahkan kepada tim konsultan hukum. Bukan hanya arsip dari Indonesia saja, melainkan juga dari Belanda sudah kami serahkan semuanya," tutur Ismael.

Baca Juga: Astaga, 20 Artis Ini Ternyata Punya Mantan Sama

2. Keluarga ahli waris berharap Warenhuis bisa menjadi ikon pariwisata Kota Medan

Gedung Warenhuis Akan Direvitalisasi, Ini Komentar Keluarga PemilikPetugas Satpol PP membersihkan Warenhuis (IDN Times/Prayugo Utomo)

Warenhuis memang lokasinya sangat strategis. Ismael berharap, kepemimpinan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan, bisa menjaga Warenhuis agar tetap menjadi cagar budaya.

"Langkah Wali Kota Medan sangat kita dukung. Ahli waris dan tim konsultan hukum serta konsultan arsitek konservasi gedung bersejarah yang telah ada  kami persiapkan, siap bekerjasama dengan Pemko Medan untuk merealisasikan cagar budaya Gedung Warenhuis," ungkap Ismael.

Ismael pun mengataka jika, bangunan Warenhuis begitu mirip dengan Magasin Du Nord di Denmark. Letaknya pun di Copenhagen, ibukota Denmark.

Beberapa waktu yang lalu, Duta Besar (Dubes) Denmark Untuk Indonesia telah berkunjung ke ibukota Provinsi Sumatera Utara. Ini bisa menjadi angin segar bangkitnya sektor pariwisata Kota Medan seperti gedung Warenhuis.

"Mungkin nantinya Dubes Denmark dapat melihat potensi-potensi yang bermanfaat yang mungkin dapat digali secara tukar pikiran. Dengan apa yang dimiliki Denmark saat ini, tentunya banyak yang bisa dipelajari, dari sisi insfrastruktur, pendidikan, energi, dari sisi pariwisata dan lainnya," ujarnya di video call.

3. Ahli waris siap berkolaborasi dengan Pemko Medan kembangkan Warenhuis

Gedung Warenhuis Akan Direvitalisasi, Ini Komentar Keluarga PemilikIDN Times/Prayugo Utomo

Sementara itu, gugatan ahli waris gedung Warenhuis telah ada putusan sampai MA. Secara hukum, kata Ismael, kepemilikan gedung Warenhuis beserta aset-asetnya, sah dimiliki ahli waris.

“Namun demikian, ahli waris tetap sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan. Dan hal ini yang belum pernah didapatkan dari pemerintahan Walikota sebelumnya," ujar Ismael.

Terkait cagar budaya gedung Warenhuis, Ismael dengan tegas menyatakan, pihak ahli waris sangat mendukung dan terbuka bagi Pemko Medan untuk menjadikan gedung Warenhuis sebagai heritage Kota Medan melalui program kolaborasi yang disampaikan Walikota Medan saat ini.

"Dan tentunya diharapkan adanya komunikasi dan pembicaraan lebih lanjut bersama ahli waris dan tim konsultan kami,” pungkasnya.

Baca Juga: Cetar Abis, 10 Potret Artis Hadiri Henna Night Aurel Berpakaian India

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya