Djarot dan Yasonna Mengenang Baskami Sebagai Sosok Pejuang Militan

Baskami Ginting akan dimakamkan di Karo hari Jumat

Medan, IDN Times - Meninggalnya Ketua DPRD Sumatra Utara menjadi duka bagi para kolega dan sahabatnya. Rumah duka terus dipadati para pelayat sejak, Rabu (7/2/2024) petang.

Dari para pelayat, tampak sejumlah tokoh memberikan penghiburan kepada keluarga Baskami. Di antaranya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat.

Keduanya mengenang Baskami sebagai sosok sahabat. Di PDI Perjuangan Baskami juga dikenal sebagai kader yang memiliki loyalitas tinggi.

“Bas ini sahabat saya sejak 1999. Saat itu saya hendak menjadi anggota DPRD Sumatra Utara. Beliau itu salah satu wakil ketua DPD PDI Perjuangan. Beliau konsisten dalam perjuangan. Seoarng yang militan sebagai kader partai. Kami di PDI Perjuangan kehilangan kader yang terbaik,” kata Yasonna.

Sebelum mendapat kabar duka, Yasonna masih berkomunikasi dengan Baskami. Mereka rencananya hendak berkampanye di Kabupaten Deli Serdang.

“Padahal itu bukan Dapil dia. Inilah bentuk perjuangan terhadap partainya,” kata Yasonna.
Djarot yang ikut melayat juga mengatakan, Baskami adalah bagian keluarganya. Militansi Baskami di PDI Perjuangan tidak diragukan lagi.

“Beliau hari ini harusnya bisa mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol. Tapi beliau lebih memilih berkantor karena sudah berjanji beraudiensi dengan masyarakat. Dedikasi beliau kepada masyarakat luar biasa. Bukan malah menghamba kepada yang berkuasa. Karena saat ini banyak kader yang silau, justru merapat ke kekuasaa,” kata Djarot.

Baskami meninggal dunia di RS Siloam Medan pada Rabu (7/2/2024). Jenazahnya akan dimakamkan di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: [BREAKING] Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Meninggal Dunia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya