Demo Bawaslu Sumut, Pendukung AMIN Tolak Hasil Pemilu 2024

Massa minta usut kecurangan

Medan, IDN Times – Relawan Calon Presiden Anies Rasyid Basweda dan Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (AMIN) berunjuk rasa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatra Utara, Rabu (21/2/2024). Mereka mendesak Bawaslu untuk mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Massa yang datang membawa beragam poster tuntutan. Mereka melakukan orasi di depan gerbang Bawaslu.

1. Massa pendukung AMIN menolak hasil pemilu 2024

Demo Bawaslu Sumut, Pendukung AMIN Tolak Hasil Pemilu 2024Demo pendukung Anies-Muhaimin ke Bawaslu Sumut, Rabu (21/2/2024) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam aksi itu massa menyampaikan menolak hasil pemilu 2024. Mereka menilai, Pilpres kali ini terjadi begitu banyak kecurangan.

Kordinator aksi, M. Saifin Hasibuan mengungkapkan bahwa massa aksi yang berunjuk rasa berasal dari kalangan masyarakat, dan simpul relawan AMIN di Sekretariat Bersama di Jalan Sunggal, Kota Medan. Mereka meminta Bawaslu bisa menindaklanjuti berbagai dugaan kecurangan yang terjadi.

"Kita juga mengawal, tim kuasa hukum AMIN  untuk menyampaikan dokumen bukti bukti kecurangan. Kami berharap Bawaslu bisa respon menanggapi kecurangan-kecurangan yang terjadi khususnya di Sumatra Utara, pasca pencoblosan Pemilu 2024," kata Saifin kepada wartawan.

2. Relawan akan mengawal laporan kecurangan ke Bawaslu

Demo Bawaslu Sumut, Pendukung AMIN Tolak Hasil Pemilu 2024Demo pendukung Anies-Muhaimin ke Bawaslu Sumut, Rabu (21/2/2024) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Relawan juga mengumpulkan berbagai dugaan kecurangan. Misalnya dugaan keberpihakan KPPS sebagai penyelenggara pemilu. Belum lagi mereka masih menemukan petugas KPPS yang dinilai tidak memiliki profesionlitas daam bekerja. Dampaknya, ada kasus pemilih yang menggunakan hak suaranya dua kali.

"Pemilih ganda ya kan? Kemudian ada beberapa C1, yang dikirim ke Sirekap itu tidak sesuai jumlahnya, dengan Sirekap ya. Itu beberapa yang yang yang kita lihat dari pantauan masyarakat dan relawan," jelas Saifin.

Saifin mengungkapkan aksi mereka itu, juga dalam bentuk mengawal tim kuasa hukum AMIN Sumut menyampaikan sejumlah dugaan pelanggaran dan temuan kecurangan saat pemilu berlangsung, pada 14 Febuari 2024, lalu.

"Jadi secara konkrit dan lengkap itu data itu, sudah ada di tangan tim kuasa. Ada sebenarnya sudah ada dokumennya di dalam yang dibawa oleh kuasa hukum. Ya secara rinci tidak usah saya sampaikan lagi tapi sudah ada. Kita kan sudah mengawal kuasa hukum, artinya mereka sudah membawa dokumen kecurangan itu," jelasnya.

3. Bawaslu akan tindaklanjuti laporan jika ada bukti kuat

Demo Bawaslu Sumut, Pendukung AMIN Tolak Hasil Pemilu 2024Demo pendukung Anies-Muhaimin ke Bawaslu Sumut, Rabu (21/2/2024) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Setelah sejam berorasi, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis menemui pengunjuk rasa. Dia mengatakan akan menerima laporan dan mempelajarinya.

"Kami dari Bawaslu akan menerima laporan, bila mana ada bukti-bukti, yang konkrit akan dilakukan tindak lanjut. Juga kita menerima laporan dan seluruh lapor-laporan tersebut," tutur Aswin.

Baca Juga: Hanya 108 Pemilih yang Ikut PSU di TPS 21 Sei Putih Tengah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya