Cegah Corona, UMSU Ganti Jabat Tangan dengan Salam Assalamualaikum

Jadi Protap di kalangan mahasiswa

Medan, IDN Times - Mengurangi kontak badan dengan orang lain menjadi salah satu cara mencegah tertular COVID-19 atau corona. Hal itu juga dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Kota Medan.

Pihak UMSU pun membuat Prosesur Tetap (Protap) di areal kampus. UMSU mulai berkampanye mengganti salam jabat tangan dengan salam lisan ‘Assalamualaikum’.

1. UMSU juga sedang menyusun sistem kuliah jarak jauh

Cegah Corona, UMSU Ganti Jabat Tangan dengan Salam Assalamualaikumpexels/picjumbo.com

UMSU juga bakal menerapkan sistem perkuliahan jarak jauh untuk mengantisipasi corona.

"Harusnya besok, tapi karena UTS ditunda sampai UTS selesai. Kita susun protapnya. Kita juga menyiadakan Hand Sanitizer dan sistem penanganan serta antisipasi corona. Kemudian, jabatan tidak sala‎m dan Mengkampanyekan jabat tangan dengan salam lisan," kata Ribut Priadi, Kepala Humas UMSU, Minggu (15/3).

Baca Juga: Menhub Budi Karya Positif Corona, Gubernur Edy Sempat Bertemu

2. UMSU juga bentuk tim Peduli Pendemi Corona

Cegah Corona, UMSU Ganti Jabat Tangan dengan Salam AssalamualaikumIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

UMSU juga sudah membentuk Tim Peduli Pandemi Corona. Itu dilakukan untuk melakukan pencegahan dini penyebaran virus di lingkungan universitas dan masyarakat umumnya.

"Tim yang nantinya melibatkan unsur dari Fakultas kedokteran dan tenaga kesehatan di rumah sakit umum Muhammadiyah Sumut ini akan bekerja melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah guna mengantisipasi sejak dini penyebaran virus corona di lingkungan kampus maupun masyarakat," sebut Rudianto, Wakil Rektor III UMSU.

 

3. Seluruh civitas akademika UMSU diminta tangguhkan perjalanan ke luar negeri

Cegah Corona, UMSU Ganti Jabat Tangan dengan Salam AssalamualaikumIlustrasi virus corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

UMSU juga mengimbau seluruh civitas akademiknya untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama di negara-ncgara terdampak COVID-19.

"Saya mengimbau agar  menjaga perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun, mengkonsumsi makanan sehat,  meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan. Melindungi diri dengan memakai masker bagi yang mengalami gejala-gejala influenza dan mengurangi interaksi," tutur Rudianto.

Baca Juga: Gara-gara Corona, Gubernur Edy Tunda Pembukaan Event Sumut Fair 2020

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya