[BREAKING] Seorang PDP COVID-19 di Medan Meninggal di IGD Hari Ini

Masih tunggu hasil laboratorium

Medan, IDN Times – Kabar duka datang dari Kota Medan, Senin (30/3). Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 meninggal dunia.

Soal kabar ini juga dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah. Kata dia PDP meninggal di Rumah Sakit Madani, Jalan A.R Hakim Medan. "PDP itu baru masuk dan meninggal saat masih di UGD," ungkapnya.

Aris juga mengungkapkan jika pihaknya belum bisa memastikan jika pasien itu terjangkit corona atau tidak. Mereka masih menunggu hasil penelitian sampel laboratorium Kemenkes RI di pusat. “Belum dipastikan positif,” ungkapnya.

Pihaknya juga memastikan jika pasien dimakamkan sesuai prosedur. Para pembawa jenazah dilengkapi dengan pakaian APD dan kelengkapan lainnya.

Sebelumnya, Aris Yudhariansyah mengumumkan data perkembangan kasus COVID-19 di Sumut mengalami penurunan. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menurun sebanyak 58,9 persen dari hari sebelumnya menjadi 2.556 orang.

Penurunan juga terjadi lantaran ada penyesuaian kriteria dari revisi ke 4 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Daftar ODP ini juga termasuk Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. Dia harus berstatus ODP setelah salah satu ajudannya dinyatakan positif dan tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik. Ijeck juga sudah menjalani pemeriksaan dan tengah menjalani masa isolasi. Kesehatannya saat ini dikabarkan dalam kondisi baik.

Sementara itu sampai saat ini ada 14 kasus positif corona di Sumut. Dua di antaranya meninggal dunia. Data ini tidak berubah dari hari sebelumnya. Dari dua orang yang meninggal, salah satunya adalah dokter paru-paru yang punya riwayat perjalanan ke Israel dan Italia. Saat ini ada 12 pasien positif corona yang masih dirawat di rumah sakit.

Selain itu ada sejumlah kasus COVID-19 yang meninggal dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau yang belum keluar hasil penelitian sampel dari Balitbang Kemenkes RI.

Aris juga melaporkan jika saat ni ada 15 pasien negatif corona yang masih dirawat. Kemudian ada 7 pasien negatif corona yang sudah dipulangkan. Saat ini juga ada 77 PDP yang di rawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Sumut. Data PDP sama seperti hari sebelumnya.

Baca Juga: [UPDATE] Turun Drastis, ODP Corona di Sumut Tinggal 2.556 orang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya