Baim Wong Ungkap Pelaku Rekam Suaranya untuk Lakukan Penipuan Giveaway

Baim bahkan harus beberapa kali ganti rugi duit korban

Medan, IDN Times- Selebritis Baim Wong merasa heran dengan aksi nekat yang dilakukan pelaku penipuan modus giveaway yang mencatut namanya. Bahkan dia harus mengganti kerugian atas perbuatan yang tak dilakukannya. 

"Saya kadang-kadang suka bingung karena saya nggak begini pun mereka yang tertipu nyalahin saya. Dipakai namanya, padahal saya nggak ngapa-ngapain. Sebenarnya saya sudah pernah ganti juga uang-uangnya tetapi karena terlalu banyak akhirnya saya setop," kata Baim di Mapolda Sumut, Senin (10/4/2023) malam.

1. Baim Wong kini bantu korban melaporkan ke kepolisian

Baim Wong Ungkap Pelaku Rekam Suaranya untuk Lakukan Penipuan GiveawayIDN Times/Fiqih Damarjati

Pelaku heran karena pelaku nekat melancarkan aksinya dengan meminta surat kepolisian. "Terakhir kemarin dia lebih beraninya memakai seperti surat kepolisian. Jadi dia ada data-data. Kadang-kadang (saya) merasa kok (dia) berani ya. Surat izin Polda Metro Jaya dan muka saya," kata Baim.

Kini Baim berinisiatif melaporkan hal ini ke polisi agar penipuan tidak terus berulang.

"Yang saya lakukan sekarang setiap orang ketipu Saya minta buktinya Setelah itu saya laporin tetapi sayanya ikut melaporkan insya Allah prosesnya itu cepat karena kalau dia melaporkan sendiri takutnya lama," tambah Ayah Kiano dan Kenzo.

2. Pelaku juga gunakan rekaman suara Baim Wong untuk meyakinkan korban

Baim Wong Ungkap Pelaku Rekam Suaranya untuk Lakukan Penipuan GiveawayBaim Wong sahur (YouTube.com/Baim Paula)

Baim mengatakan, awalnya hal itu dari program "Indonesia Giveaway" di TV. Di program itu, Baim berbagi ke yang membutuhkan. Kini acara itu sudah tidak tayang. Namun pelaku sampai merekam suara-suaranya dari program itu untuk meyakinkan korban.

"Saya kan sudah berhenti untuk acara TV itu di tahun 2021 atau 2020. Cuma saya sih bilangnya bukan giveaway tetapi berbagi. Di acara TV itu dia merekam suara-suara saya. Karena kata ibunya (korban) kenapa dia yakin karena memakai suara saya. Suara-suara saya itu direkam sama dia jadi backsound," katanya.

"Emang orang-orang ini pinter. Pinter banget. Kalau saya bilang ya jenius malahan.Karena kan kalau ada jeda berapa lama pemilihan sudah curiga, tetapi dia bisa play-play gitu," katanya.

Baca Juga: Penipuan Give Away Catut Namanya, Baim Wong Datangi Polda Sumut

3. Korban mengaku tertipu karena pelaku membuat postingan yang meyakinkan

Baim Wong Ungkap Pelaku Rekam Suaranya untuk Lakukan Penipuan GiveawayBaim Wong (Instagram.com/baimwong)

Sementara itu, salah seorang korban yang tertipu mengaku postingan yang dilakukan pelaku cukup meyakinkan. Apalagi dijanjikan hadiah menggiurkan.

"Awalnya melihat di Facebook. Jadi dia membuat postingan-postingan bahwasanya ada begitu dapat hadiah Rp20 juta. Terus dia nge-hack Facebook orang untuk meyakinkan bahwa kita, orang itu dapat hadiah," bebernya.

Dirinya mau mentransfer karena dijanjikan dapat hadiah dan dana dikembalikan. "Karena di situ dijanjikan akan kembali dananya terus syaratnya harus begitu. Memang belum pernah dapat sebelumnya," katanya.

Sebelumnya Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut, Briptu Irayata Gurusinga menjelaskan pelaku MS (25), warga Tanjungbalai sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan kasus melakukan penipuan modus give away. Dia juga sudah ditahan.

"Sudah tersangka. Modusnya itu dengan cara awalnya nge-hack satu Facebook, Kemudian dari Facebook itu membuat postingan seolah-olah pemilik Facebook itu baru menerima giveaway dari mas Baim, dan disertakan dengan link whatsapp. Jadi korbannya yang membaca, yang kenal dengan pemilik Facebook otomatis tertarik dan ngetik link itu karena mengajak, ayo ikut juga dapat giveaway dari mas Baim," jelasnya.

Namun setelah diklik langsung connect ke akun whatsapp yang sudah di-setting dari awal. "Seolah-olah akun whatsapp-nya Baim Wong. Setelah itu dijanjikan uang giveaway 20 juta namun untuk transfer biaya administrasi, biaya segala segala macam dijanjikan akan dikembalikan bersamaan uang giveaway-nya," katanya.

Baca Juga: 10 Potret Rumah Masa Kecil Baim Wong, Kini Kondisinya Memprihatinkan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya