Aquabike World Championship Toba, Sumut Targetkan 100 Ribu Pengunjung

Akan ada 128 pebalap akan adu cepat di Danau Toba

Medan, IDN Times – Danau Toba, Sumatra Utara menjadi tuan rumah gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023. Sebanyak 128 pebalap dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia akan berlaga menaklukkan sirkuit Danau Toba pertama kalinya.

Kompetisi jetski internasional ini akan digelar pada 23-26 November 2023. Lintasan akan dibuat di empat kabupaten, Karo, Dairi, Samosir dan Toba.

1. Sumut targetkan 100 ribu pengunjung

Aquabike World Championship Toba, Sumut Targetkan 100 Ribu PengunjungGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Penjabat Gubernur Sumatra Utara Hassanuddin mengatakan, pihaknya menarget 100 ribu pengunjung akan mengunjungi gelaran ini.

“Kita sangat bahagia, Sumut mendapat rezeki ini, harapannya 100 ribu pengunjung, kalau memang terwujud itu sangat luar biasa,” kata Hassanudin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/11/2023).

2. Perputaran ekonomi diprediksi akan moncer selama kompetisi

Aquabike World Championship Toba, Sumut Targetkan 100 Ribu PengunjungGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Kata Hassanuddin, kehadiran pengunjung akan mendongkrak perputaran ekonomi. Hassanudin berharap, ini akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

“Yang jelas ada azas manfaat untuk masyarakat lokal, akan kita berdayakan, oleh sebab itu, akan kita koordinasikan dan kolaborasikan secara ketat,” kata Hassanudin.

3. Klaim bakal ulangi kesuksesan F1H2O

Aquabike World Championship Toba, Sumut Targetkan 100 Ribu PengunjungGelaran Aquabike di Lithuania. (Photo: Arek Rejs)

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengharapkan, berbagai kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Danau Toba, dapat mendorong pembangunan sport tourism di Indonesia. Apalagi Danau Toba telah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia Powerboat pada tahun 2023.

“Mengingat kesuksesan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba yang menjadi stimulus industri olahraga air di Indonesia, ini merupakan amanat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan upaya pembangunan sport tourism yang menjadi instrumen penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarkat,” ujar Dito.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo menyampaikan F1 Powerboat 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak perekonomian senilai Rp1,7 triliun. Ia pun  mengharapkan kesuksesan yang sama dapat terulang pada Aquabike World Championship.

“Harapan kita bisa mengulang kesuksesan tersebut, kali ini ada empat kabupaten, bupati lain bisa sama-sama menikmati event ini,” kata Kartika.

Baca Juga: Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 Triliun

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya