Aksi Bela Palestina, Massa di Medan Injak-injak Bendera Israel

Massa juga kumpulkan donasi untuk Palestina

Medan, IDN Times – "Aksi Bela Palestina" menggema di Kota Medan, Jumat (21/5/2021). Berbagai komunitas berkumpul di masjid-masjid untuk menggelar aksi protes. Salah satunya di Masjid Al Jihad, Medan.

Aksi ini dipicu oleh konflik yang terus memanas belakangan ini di Jalur Gaza. Meskipun, sejak Jumat dinihari tadi, antara pihak Israel dan Hamas sepakat melakukan gencatan senjata.

1. Massa di Medan injak-injak bendera Israel

Aksi Bela Palestina, Massa di Medan Injak-injak Bendera IsraelMassa Aksi Bela Palestina menginjak replika bendera Israel di halaman Masjid Al Jihad, Kota Medan, Jumat (21/5/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Massa berkumpul sejak pagi. Massa yang datang memakai berbagai aksesosris yang menyimbolkan palestina.

Di gerbang masjid, selembar replika bendera Israel dibentangkan. Sehingga massa yang lewat menginjak-injak bendera itu.

“Kita harus memiliki empati terhadap saudara kita di palestina. Ini adalah kebiadaban terhadap saudara-saudara kita. Makanya kita melaksanakan pijak  bendera Israel Sebagai bentuk kebencian kami kepada Israel,” ujar Widya Nasution, perwakilan dari Fahmi Ummi Sumatra Utara.

Baca Juga: Jalur Gaza, Kota Termiskin Dunia yang Kerap Dibombardir Israel

2. Massa juga meggelar salat gaib dan tabligh akbar

Aksi Bela Palestina, Massa di Medan Injak-injak Bendera IsraelSalah seorang massa memakai atribut yang menyimbolkan Palestina. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Di dalam masjid, dukungan kepada Palestina dilakukan dengan salat gaib dan doa bersama. Selain itu, massa juga menggelar tabligh akbar yang berisi ceramah soal konflik Palestina dan Israel.

Massa juga melakukan penggalangan dana di depan masjid. Nantinya dana yang terkumpul akan didonasikan untuk masyarakat yang menjadi korban konflik di Gaza.

“Kami berharap, semua umat ikut membantu donasi kepada masyarakat. Tidak harus menjadi Islam untuk berempati kepada Palestina,” ujar Ronny Rezkita Siregar, salah satu relawan.

3. Gubernur Edy juga suarakan perdamaian di Palestina

Aksi Bela Palestina, Massa di Medan Injak-injak Bendera IsraelMassa membentangkan replika bendera sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menyuarakan soal perdamaian di Palestina. Lewat Instagram resminya @edy_rahmayadi, mantan Pangkostrad itu mengunggah video saat Imam di Kementerian Wakaf dan Urusan Agama di Palestina Mahmoud Mohammed Abd Ell-al bersilaturahmi ke rumah dinasnya.

“Saya menyambut positif atas berakhirnya konflik di Palestina melalui kesepakatan gencatan senjata hari ini. Insya Allah, Indonesia akan senantiasa membela Palestina sebagaimana dulu Palestina juga pernah membela bangsa ini saat awal-awal kemerdekaan dulu. Saya juga sudah sampaikan salam dari masyarakat Sumatra Utara untuk Palestina melalui saudara Mahmoud Mohammed Abd Ell-al, semoga Allah SWT senantiasa menjaga saudara-saudara kita disana, dan perdamaian di Palestina bisa sepenuhnya terwujud,” ujar Edy dalam keterangan video yang diunggah Jumat, (21/5/2021).

Baca Juga: Isi Surat Pemimpin Hamas kepada Jokowi, Galang Dukungan Tekan Israel

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya