2 Ruas Tol 17,6 T Diresmikan Jokowi, Sumut Terhubung Hingga Aceh

Diklaim mampu dongkrak perekonomian

Simalungun, IDN Times – Presiden Joko Widodo meresmikan dua jalan tol tran sumatra sekaligus, Selasa (10/9/2024). Kedua ruas tol itu yakni Binjai – Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat). Peresmian tol ini juga menjadi penanda Sumut terhubung dengan Aceh. 

Resminya kedua tol ditandai suara sirine panjang dan penandatanganan prasasti di gerbang Tol Sinaksak. Pada peresmian itu, Jokowi datang bersama para menterinya dan pejabat setempat. Antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan.

"Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol ruas Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 Tebing Tinggi-Serbelawan- Sinaksak di Provinsi Sumut," kata Jokowi.

1. Kedua tol menghabiskan anggaran hingga 17,6 triliun

2 Ruas Tol 17,6 T Diresmikan Jokowi, Sumut Terhubung Hingga AcehJalan tol Binjai-Langsa. (dok. Hutama Karya)

Tol ruas Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dibangun sejak 2020. Panjangnya mencapai 26,2 Km. Pembangunan memakan anggaran negara Rp11,6 triliun.

Sementara ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 itu dibangun sejak 2018 dengan panjang 45,6 km. Anggaran yang dihabiskan untuk membangun ruas tol itu sekitar Rp6 triliun. Artinya, kedua ruas tol  menghabiskan anggaran Rp17,6 triliun.

Jalan tol ini akan menjadi bagian dari jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 km. Jokowi menarget tol trans Sumatra bisa berada di angka 1.100 km pada akhir tahun.

"Tadi Pak Bupati Simalungun menyampaikan, kalau dulu dari Medan ke sini menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam, sekarang hanya kira-kira 1,5 jam, lebih sedikit," sambung Jokowi.

 

2. Jalan tol bakal dongkrak ekonomi

2 Ruas Tol 17,6 T Diresmikan Jokowi, Sumut Terhubung Hingga AcehPresiden Jokowi dalam peresmian jalan tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap beroperasinya jalan tol itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut. Khususnya pada koridor Binjai – Langsa (Aceh) dan Tebingtinggi – Parapat.

“Ini juga akan menambah daya saing daerah dan sistem logistik mobilitas orang, mobilitas barang semakin cepat, sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain," pungkasnya.

3. Berikut fasilitas yang disematkan pada kedua ruas tol

2 Ruas Tol 17,6 T Diresmikan Jokowi, Sumut Terhubung Hingga AcehJalan tol Binjai-Langsa. (dok. Hutama Karya)

Jalan Tol Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 7 jembatan, dan 12 overpass.

Gerbang Tol yang juga mengadopsi kearifan lokal dengan menampilkan Pinar Uluni Horbou yang merupakan patung kepala kerbau menjadi ikon dan simbol serta budaya dari masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun.

Dengan lebar jalur jalan tol 3,5 m dan jumlah lajur 2x2, kecepatan rencana mencapai 100 km/jam. Hal tersebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Medan menuju Pematang Siantar semula 3 jam menjadi 1 jam 30 menit.

“Adanya Jalan Tol Kutepat Ruas Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak diharapkan dapat memberikan konektivitas lebih optimal ke berbagai daerah sehingga perekonomian dan pariwisata di kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba dapat bertumbuh dengan pesat serta menjadi ruas tol kebanggaan masyarakat Sumatra Utara” tutup Dindin Solakhuddin, Direktur Utama Hutama Marga Waskita.

Baca Juga: Kunjungi Pasar di Deli Serdang, Presiden Jokowi Minta Maaf

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya