Berenang di Danau Toba, Wisatawan Asal Kisaran Hilang

Pencarian sudah dilakukan dua hari

Simalungun, IDN Times - Musibah terhadap warga yang sedang berwisata di kawasan perairan Danau Toba kembali terjadi. Kali ini terjadi di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, tepatnya di Pesanggrahan Istana Presiden Soekarno. 

Seorang wisatawan berusia 22 tahun dari Kisaran, Kabupaten Asahan bernama Doni hilang saat berenang di Danau Toba bersama teman-temannya, Sabtu (22/5/2021).

1. Teman-temannya panik saat doni hilang

Berenang di Danau Toba, Wisatawan Asal Kisaran HilangPetugas SAR bersiap untuk melakukan pencarian (Istimewa/IDN Times)

Koordinator Pos SAR Danau Toba, Octo Albert Tambunan mengatakan, wisatawan berusia 22 tahun yang berasal dari Kisaran tersebut bernama Doni. Ia hilang di dalam air setelah beberapa saat berenang bersama teman-temannya, Sabtu (22/5/2021).

Dijelaskan, pria tersebut pernah berjualan di kawasan Parapat. Namun saat hendak menikmati keindahan Danau Toba, ia yang datang bersama teman-temannya, langsung mandi sekitar pukul 14.30 WIB.

Hitungan satu sampai dua menit Doni justru membuat teman-temannya panik. Doni tidak kelihatan dan saat itu mereka curiga kalau Doni sudah tenggelam ke dasar danau.

2. Penyelaman dilakukan hingga kedalaman 25 meter

Berenang di Danau Toba, Wisatawan Asal Kisaran HilangPetugas SAR bersiap untuk melakukan pencarian (Istimewa/IDN Times)

Mengetahui kejadian itu, teman-teman Doni langsung menyampaikan kabar tersebut kepada warga sekitar dan warga pun langsung meneruskan informasi itu kepada personil siaga Pos SAR Danau Toba. "Kita langsung turun ke lokasi," kata Octo Tambunan, Minggu (23/5/2021).

PencarianTim SAR gabungan yang terdiri dari Rescuer Pos SAR Danau Toba, Polairu, Koramil, Polsek Parapat dan instansi lainnya sudah melakukan pencarian.

Octo Albert Tambunan mengatakan, pencarian hari pertama ini dilakukan dengan penyelaman pada radius kedalaman 20-25 meter. Selain itu juga satu tim dipersiapkan di atas perahu guna memonitor aktifitas penyelam dari atas perahu dan berguna sebagai safety. Namun Doni belum ditemukan.

3. Dua hari dicari, Doni tak kunjung ditemukan

Berenang di Danau Toba, Wisatawan Asal Kisaran HilangPetugas SAR mencari Doni dengan menyelam (Istimewa/IDN Times)

Pencarian hari kedua kembali dilakukan, Minggu (23/5/2021) dengan menurunkan dua orang penyelam dari Pos SAR Danau Toba. Namun korban belum berhasil diketemukan. "Semoga korban secepatnya diketemukan, amin," kata Octo Tambunan sembari mengharapkan dukungan doa.

Untuk hari ini, kata Octo Tambunan, pencarian akan diberhentikan sekitar pukul 17.00 WIB dan akan dilanjutkan besok mulai pukul 8.00 WIB. "Kita hentikan pencarian karena cuaca dan sudah semakin gelap di dasar danau. Kita juga memikirkan keselamatan petugas," ujarnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya