Dalang Kasus Penembakan 2 Warga, Ketua Partai Lokal di Aceh Ditangkap

Pelaku berperan sebagai donatur

Banda Aceh, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menangkap AB alias TW, aktor utama sekaligus dalang dalam kasus penembakan yang terjadi di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, beberapa waktu lalu. Jumlah tersangka yang telah ditangkap dalam kasus ini menjadi enam orang.

Seperti diberitakan, terjadi penembakan terhadap Maimun (38) dan Ridwan (38), warga Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, pada Kamis (12/5/2022) lalu. Kedua korban sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, Aceh, sebelum dinyatakan meninggal dunia.

1. AB sempat dipanggil dan menjadi saksi sebelum ditetapkan sebagai tersangka

Dalang Kasus Penembakan 2 Warga, Ketua Partai Lokal di Aceh DitangkapAB, tokoh politik dari partai lokal di Aceh, salah seorang tersangka kasus penembakan dua warga Kabupaten Aceh Besar. (Dokumentasi Humas Polda Aceh untuk IDN Times)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy mengatakan, AB sebelumnya dipanggil penyidik Dit Reskrimum Polda Aceh untuk diperiksa serta dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus penembakan berujung kematian tersebut.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, pada Sabtu (4/6/2022) dan didukung sejumlah alat bukti, kemudian mengarah bahwa salah seorang terduga pelaku pembunuhan terhadap dua warga Indrapuri itu adalah AB.

“Kemudian kita tingkatkan menjadi tersangka. Untuk periksa, kemudian kita lakukan penahanan terhadap tersangka AB,” kata Winardy, pada Senin (6/6/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara dalam kasus ini, AB berperan sebagai otak pelaku atau dalang penembakan. Hal itu diketahui usai dilakukan pengecekan aliran dana yang ada pada para pelaku.

Dia dikatakan Winardy, memberikan dana untuk membeli dua unit gawai atau handphone kepada lima tersangka yang telah ditangkap sebelumnya. Gawai tersebut digunakan untuk komunikasi dalam melakukan rencana kejahatan berupa pembunuhan terhadap korban Ridwan.

“Ini alat bukti yang kita dapatkan, yang dibelikan oleh tersangka AB,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 5 Tersangka Penembakan 2 Warga di Aceh

2. Pelaku merupakan ketua DPW partai lokal di Aceh sekaligus pemilik kilang kayu

Dalang Kasus Penembakan 2 Warga, Ketua Partai Lokal di Aceh DitangkapAB, tokoh politik dari partai lokal di Aceh, salah seorang tersangka kasus penembakan dua warga Kabupaten Aceh Besar. (Dokumentasi Humas Polda Aceh untuk IDN Times)

AB dikatakan Winardy, merupakan salah seorang tokoh politik dari partai lokal di Aceh yang menjabat sebagai ketua dewan pengurus wilayah (DPW). Tidak hanya itu, AB juga seorang pengusaha yang memiliki kilang kayu.

“Kita sudah lakukan pendalaman. AB ini merupakan salah satu ketua DPW partai lokal di Aceh,” ungkapnya.

Meski demikian, Kabid Humas Polda Aceh mengaku, belum bisa menyebutkan partai politik apa yang dinaungi oleh AB. Sebab, pihaknya dikatakan masih melakukan pemeriksaan mendalam.

3. Usaha kilang diganggu, menjadi motif pembunuhan

Dalang Kasus Penembakan 2 Warga, Ketua Partai Lokal di Aceh DitangkapAB, tokoh politik dari partai lokal di Aceh, salah seorang tersangka kasus penembakan dua warga Kabupaten Aceh Besar. (Dokumentasi Humas Polda Aceh untuk IDN Times)

Kepada petugas, AB menyampaikan, motif alasannya membunuh Ridwan dikarenakan sakit hati terhadap korban yang dinilai kerap mengganggu usaha kilang miliknya. Alhasil, ia memerintahkan, TM, DW, NZ, ZD, MY, beserta satu tersangka lainnya yang berperan sebagai eksekutor dan masih buron untuk menghabisi nyawa korban.

“Karena mengganggu, AB kemudian memerintahkan kelima termasuk satu eksekutor yang saat ini lagi kita buru itu untuk melakukan penembakan kepada korban,” jelas Winardy.

Sementara itu, terkait Maimun yang ikut menjadi korban penembakan, dikarenakan pria berusia 38 tahun tersebut juga berada di lokasi bersama Ridwan ketika kejadian.

“Target dari pelaku AB ini hanya satu, yaitu korban R. Tetapi karena M juga berada di TKP, mereka berupaya menghilangkan saksi dengan cara juga M itu adalah korban ikutan,” tambahnya.

4. Diduga penembakan ada unsur kesengajaan

Dalang Kasus Penembakan 2 Warga, Ketua Partai Lokal di Aceh DitangkapIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Di dalam kasus ini, Winardy mengatakan, jika kedua korban tewas akibat ditembak oleh para pelaku. Penembakan pun diduga dilakukan dengan sengaja sesuai hasil analisa serta pemeriksaan di lokasi tempat kejadian perkara.

“Memang ditembakan untuk membuat mati,” ungkap Kabid Humas Polda Aceh.

Terkait asal usul senjata, polisi juga masih mendalaminya. Sebab, pelaku yang berperan sebagai eksekutor masih dalam pengejaran tim di lapangan.

Identitas sudah kita kantongi, Insyaallah dalam waktu dekat. Penyidik di lapangan masih berkerja keras. Kalau nanti dapat, kita akan kemukakan dari mana senjata itu yang berasal dan digunakan,” tutupnya.

Baca Juga: Akan Lepas Persiraja Banda Aceh, Dek Gam: Yang Merasa Mampu Silakan!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya