2 Kapal Pesiar Mewah Bakal Singgah ke Sabang saat Lebaran

MS Azamara Onward dan MS Crystal Serenity bawa turis asing

Banda Aceh, IDN Times - Dua kapal pesiar bakal singgah di CT3 Pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Kota Sabang, Aceh. Kapal itu membawa ratusan wisatawan mancanegara ke Pulau Weh.

“Kapal Pesiar yang akan tiba di Sabang yakni MS Azamara Onward dan MS Crystal Serenity,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Sabang, Faisal Azwar, kepada IDN Times, Kamis (4/4/2024).

1. MS Azamara Onward tiba saat hari megang

2 Kapal Pesiar Mewah Bakal Singgah ke Sabang saat LebaranIlustrasi kapal pesiar. Foto: Istimewa

Faisal mengatakan, kapal pertama yang tiba yakni MS Azamara Onward berbendera Malta. Kapal yang membawa 511 orang wisatawan mancanegara itu akan tiba di Kota Sabang, pada 9 April 2024.

Dia menyampaikan, kapal yang memiliki panjang 180,45 meter tersebut sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Klang, Kuala Lumpur, Malaysia. Rencananya kapal menuju Pelabuhan Hambantota, Sri Lanka.

Baca Juga: SPMT Berangkatkan 5 Bus Mudik Gratis dari Medan ke Aceh dan Pekanbaru

2. MS Crystal Serenity berlabuh pada hari raya

2 Kapal Pesiar Mewah Bakal Singgah ke Sabang saat LebaranIlustrasi kapal pesiar. Foto: Istimewa

Selanjutnya, kapal pesiar kedua yang bakal berlabuh di CT3 Pelabuhan BPKS adalah MS Crystal Serenity, pada 10 April 2024. Membawa 276 orang wisatawan mancanegara, kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Phuket, Thailand.

Usai menyambangi Pulau Weh, kapal yang memiliki panjang 250 meter tersebut akan melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Kolombo, Sri Lanka.

3. Penyambutan tetap seperti biasa meski suasana lebaran

2 Kapal Pesiar Mewah Bakal Singgah ke Sabang saat LebaranIlustrasi kapal pesiar. Foto: Dishub Aceh

Plt Dispar Kota Sabang mengatakan penyambutan dua kapal pesiar yang datang ke Pulau Weh tetap dilaksanakan seperti biasa walau warga sedang merayakan lebaran. Ada 14 stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengisi bazar saat dua kapal itu menyandar.

“Penyambutan kapal pesiar tetap dilaksanakan tetapi tidak seperti biasanya,” ujar Faisal.

Baca Juga: Berikut 8 Lokasi Titik Rawan Longsor dan Amblas saat Mudik di Aceh 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya