W20 di Danau Toba, Sandiaga Optimis Investor Tanam Modal

W20 beri kesempatan untuk perempuan mandiri

Medan, IDN Times- Dengan adanya pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Women20 (W20), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimis pariwisata Danau Toba akan mengalami kemajuan. Apalagi peluang dalam membangun dan menggaet para investor untuk berkomitmen menanamkan modal.

1. Merealisasikan pariwisata superprioritas

W20 di Danau Toba, Sandiaga Optimis Investor Tanam ModalPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sandi menyebutkan, kemajuan yang signifikan melalui pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap Danau Toba, dalam merealisasikan perencanaannya sebagai pariwisata superprioritas.

Sehingga seiring dengan hal itu juga tentunya meningkatkan jumlah investasi, membuka usaha dan peluang lapangan pekerjaan serta menjadikan destinasi Danau Toba menjadi destinasi yang berkualitas serta berkelanjutan.

"Kami ingatkan destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan. Sehingga dalam hal ini kami akan langsung gerak cepat untuk melakukan pendataan track bagi Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) sesuai dengan rakor tadi, " ujarnya, di The Kaldera Toba, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Ambil Peran di Event W20 Expo Toba

2. Berikan pelatihan dan pendampingan

W20 di Danau Toba, Sandiaga Optimis Investor Tanam ModalIDN Times/Masdalena Napitupulu

Dikatakan Sandiaga, seiring dengan bergerak dalam melakukan pendataan tersebut, maka dapat juga mempercepat realisasi dari investasi dari beberapa investor yang akan berkomitmen untuk membangun akomodasi maupun kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

Sandi menambahkan, saat ini pihaknya juga akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan, karena W20 hadir di sini harus dipastikan kesiapan kita bersama dalam menyambut agar wisatawan merasa nyaman dan aman ketika berwisata ke Danau Toba.

3. Pertemuan W20 beri kesempatan untuk perempuan mandiri

W20 di Danau Toba, Sandiaga Optimis Investor Tanam ModalIDN Times/Masdalena Napitupulu

Ia juga berharap agar infrastruktur ini juga disiapkan, baik dari Chairwomen W20 Handriani Uli dan Co-Chair W20 Indonesia Dian Siswarini mengajak para partisipan kembali lagi bersama keluarganya, mungkin dalam kegiatan Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions (MICE) maupun juga dalam kegiatan berkaitan investasi.

Terkait pertemuan W20, Sandiaga juga berharap melalui isu yang diangkat juga menjadi kesempatan untuk perempuan mandiri.

"Dan terakhir, kita harus utamakan empowerment jadi perempuan mandiri harus diberikan kesempatan pemberdayaan, karena dalam dunia pariwisata dominasi lapangan pekerjaannya yaitu untuk perempuan, " ujar Sandi. 

Baca Juga: Menteri Sandi Sayangkan Ada Asap Kebakaran saat Event W20

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya