Comscore Tracker

Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan Nasional

Tokoh dari etnis Mandailing yang menjadi pahlawan nasional

Medan, IDN Times- Setiap suku memiliki banyak sekali tokoh-tokoh terkemuka di masyarakat, salah satunya adalah tokoh dari etnis Mandailing. Tokoh dapat diartikan sebagai orang terkenal atau terkemuka yang bisa dijadikan panutan bagi masyarakat. Mulai dari tokoh agama, tokoh politik, tokoh masyarakat sampai tokoh pahlawan nasional.

Informasi mengenai tokoh pahlawan nasional, berikut IDN Times merangkum tokoh dari etnis Mandailing yang menjadi pahlawan nasional.

1. Abdul Haris Nasution

Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan NasionalAbdul Haris Nasution/Wikipedia.org

Abdul Haris Nasution merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Mandailing. Nama Nasution adalah nama salah satu marga dari etnis Mandailing. Namanya mulai banyak dikenal sejak peristiwa Gerakan 30 September. 

Abdul Haris Nasution merupakan Jenderal Besar TNI yang memiliki banyak peran penting dalam membangun bangsa Indonesia. Ia menerima pangkat kehormatan Jenderal Besar bersama dengan Soeharto dan Sudirman. 

Ia wafat pada tanggal 6 september 2000 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Atas semua jasa-jasa perjuangan beliau selama masa hidupnya, Abdul Haris Nasution diberi gelar Pahlawan Nasional dan namanya banyak diabadikan di sejumlah ruas jalan di Indonesia.

2. Adam Malik Batubara

Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan NasionalAdam Malik Batubara/Wikipedia.org

Adam Malik Batubara atau yang sering disebut Adam Malik lahir di Pematang Siantar dan merupakan keturunan etnis Mandailing. Namanya dikenal karena kemahirannya dalam memadukan diplomasi dan media massa sehingga beliau pernah diangkat sebagai duta besar, menteri, Ketua DPR hingga menjadi wakil presiden ketiga. 

Salah satu peran penting Adam Malik dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia adalah dia bersama beberapa pemuda ikut melarikan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok dan memaksa mereka untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Favorit di Mandailing Natal

3. Tuanku Tambusai

Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan NasionalTuanku Tambusai/Wikipedia.org

Tuanku Tambusai (Hamonangan Harahap) adalah salah satu tokoh paderi terkemuka serta pemimpin dan pejuang dalam menentang penjajahan Hindia Belanda. Selain berperang menghadapi penjajahan Belanda, beliau juga berdakwah untuk menyebarkan dan mengajarkan agama Islam di tanah kelahirannya. 

Beliau merupakan seorang imam dan pemimpin saat perang Paderi berlangsung. Karena jasa dan perjuangan Tuanku Tambusai dalam menentang penjajahan Hindia - Belanda, pemerintah mengangkat Tuanku Tambusai sebagai pahlawan nasional dan beliau diakui sebagai tokoh etnis Mandailing bermarga Harahap.

4. Zainudin Arifin Pohan

Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan NasionalZainudin Arifin Pohan/Wikipedia.org

Zainudin Arifin Pohan adalah tokoh etnis Mandailing yang ikut serta berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Beliau dikenal sebagai pemuda GP Ansor yang sangat terampil dalam berdakwah, berdebat dan berpidato, sehingga banyak menarik perhatian tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama. 

Zainul Arifin menjadi representatif dari NU sebagai anggota Masyumi, serta ikut berperan dalam pembentukan pasukan semi militer Hizbullah selama masa pendudukan Jepang. Sebagai langkah antisipasi, saat itu Jepang mempercayai Arifin untuk membentuk laskar -laskar semi militer Hizbullah sekaligus ditunjuk sebagai panglimanya.

Saat terjadi Agresi Militer Belanda II, Arifin masuk dalam keanggotaan Komisariat Pemerintah Pusat (KPPD) yang merupakan bagian dari Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Zainul Arifin bertugas untuk melakukan peleburan badan-badan perjuangan guna melancarkan taktik gerilya. 

Setelah segenap pasukan dilebur menjadi satu kekuatan yang kemudian dinamai Tentara Nasional Indonesia (TNI) Zainul dipercaya menjadi Sekretaris Pucuk Pimpinan TNI. Tiga jabatan menteri dijabat oleh tokoh-tokoh NU dengan Zainul Arifin sebagai salah satunya dan tercatat pertama kali dalam sejarah NU.

Itulah sejumlah tokoh etnis Mandailing yang berperan dalam setiap misi perjuangan bangsa Indonesia. Mari kita hargai perjuangan para tokoh yang sudah berjasa dengan mengenalnya.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Mandailing Natal, Suguhkan Surga Tersembunyi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya