Comscore Tracker

Tim PMDB Polmed Dukung Petani Tingkatkan Hasil dengan Teknologi

Dosen Polmed kembali lakukan pengabdian masyarakat 

Medan, IDN Times - Politeknik Negeri Medan kembali melakukan program pengabdian masyarakat desa binaan (PMDB) dengan menggandeng Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Desa Motung dan Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, beberapa waktu lalu.

Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si, Direktur Polmed mengatakan komitmennya untuk memberikan kontribusi terhadap upaya BPODT dalam mencapai program-program yang berkaitan dengan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini sejalan dengan kewajiban tri dharma perguruan tinggi di mana salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

“Pelaksanaan pengabdian desa binaan ini melibatkan beberapa orang dosen pelaksana yang terdiri atas enam kelompok pengabdian,” ujar Abdul Rahman.

1. Berharap warga akan lebih mandiri dalam perekonomian dan pertanian

Tim PMDB Polmed Dukung Petani Tingkatkan Hasil dengan TeknologiDok.Pribadi/IDN Times

Abdul Rahman menambahkan, kegiatan serupa dapat terus dilakukan di desa tersebut sesuai keinginan masyarakat. Dengan harapan, nantinya warga akan lebih mandiri dalam perekonomian dan pertanian. 

Pada kesempatan itu, Direktur Polmed Abdul Rahman juga menyerahkan beberapa peralatan kepada kelompok tani di Desa Pardamean Sibisa yaitu traktor tangan, mesin pembuat pestisida organik, dan mesin pembuat kompos organik.

Selain itu, ia juga menyerahkan kepada warga masyarakat Desa Motung beberapa alat mesin pengiris keripik dan peniris minyak, mesin pengering biji kopi untuk petani kopi. Sedangkan kepada ibu-ibu PKK diberikan mesin pengemas makanan, timbangan makanan.

Baca Juga: Libur Natal-Tahun Baru, Ini Aturan Baru Masuk Ke Sumatera Utara

2. Kegiatan juga diisi dengan penyuluhan manajemen pemasaran

Tim PMDB Polmed Dukung Petani Tingkatkan Hasil dengan TeknologiDok.Pribadi/IDN Times

Salah satu Tim PMDB, melakukan program “Penyuluhan Manajemen Pemasaran dan Pengemasan Hasil Tani Masyarakat" kepada ibu-ibu PKK di Desa Motung. Mereka memberi pelatihan cara mengemas produk hasil tani antara lain keripik, kerupuk dan kopi dalam kemasan berbahan plastik dan kertas.

Tak hanya itu, ada juga kegiatan yang diisi dengan penyuluhan manajemen pemasaran yang dibawakan oleh narasumber Ludiantoni Manik dan Tim PMDB yaitu Dr. Agus Mariani Saragih, S.E., M.Si sebagai Ketua, dengan dibantu Zakaria Sembiring, S.T.,MSc, Sarah R Tambunan, S.Sos, M.Si dan Netty, S.E., M.Si sebagai anggota.

3. Berharap produksi hasil tani meningkat dengan menggunakan manajemen pemasaran teknologi informasi yang terkini

Tim PMDB Polmed Dukung Petani Tingkatkan Hasil dengan TeknologiDok.Pribadi/IDN Times

Tim PMDB berharap, produksi hasil tani meningkat dengan menggunakan manajemen pemasaran teknologi informasi yang terkini, seperti website, media sosial dan juga disertai dengan pengemasan yang menarik dan sehat.

M Rommy Fauzi, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, mengucapkan terima kasih kepada Polmed yang telah berkenan bekerja sama dalam upaya peningkatan perekonomian, pertanian dan keterampilan warga di sekitar wilayah Kaldera Toba.

Katanya, hal tersebut sejalan dengan upaya BPODT menjadikan beberapa desa di sekitar wilayah Kaldera Toba khususnya para petani, untuk merubah pola pertanian menjadi pertanian organik. 

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya